DetikNews
Kamis 12 Juli 2018, 13:13 WIB

PKS Desak Jokowi Segera Umumkan Nama Cawapres

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
PKS Desak Jokowi Segera Umumkan Nama Cawapres Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera (Foto: Adhi Wicaksono/detikcom)
Jakarta - PKS mengaku gembira dengan mengerucutnya bakal cawapres Joko Widodo (Jokowi) menjadi lima nama. Apalagi jika nama-nama tersebut mengerucut menjadi satu dan segera diumumkan.

"Kami gembira. (Tapi) Lebih cepat mengerucut ke satu, dan diumumkan lebih baik," kata Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera, di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis (12/7/2018).

Mardani berpendapat, dengan semakin cepatnya nama cawapres diumumkan Jokowi, hal itu semakin baik pula bagi masyarakat. Dengan begitu, menurutnya, masyarakat dapat mengenal dan mengetahui siapa yang akan dipilihnya pada Pilpres 2019 nanti.

"Makin cepat publik tahu, makin baik buat demokrasi," ujarnya.

Kendati demikian, Mardani mengaku pihaknya tak terlalu peduli dengan siapa sosok cawapres Jokowi. Siapapun nantinya yang akan mendampinginya, itu adalah hak Jokowi.


"Kami tidak mengambil keputusan berdasarkan keputusan Pak Jokowi. Kami tetap akan berjalan dengan strategi dan target kami sendiri," ujarnya.

Sementara untuk sosok cawapres Prabowo, Mardani mengatakan sudah ada 4 nama yang dikantongi. Dia mengaku Prabowo juga akan segera mengumumkan siapa pendampingnya dalam waktu dekat.

"Nanti diumumin. Kalau dari PKS nanti Kang Aher, kalau PAN mungkin Bang Zul, kalau Demokrat nanti AHY, Anies menguat juga dari non parpol. Tapi bisa saja nanti berubah jadi 10, bisa saja," kata Mardani.

Sebelumnya diberitakan, Presiden Jokowi mengungkapkan nama calon wakil presiden (cawapres) 2019 yang akan mendampinginya masih dalam tahap penggodokan. Meski belum mau menyebut nama, Jokowi menyebut bakal cawapresnya sudah mengerucut ke lima nama dan bisa berasal dari berbagai kalangan.

"Sepuluh mengerucut ke lima," ujar Jokowi di Istana Negara, Jakarta Pusat.
(mae/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed