DetikNews
Rabu 11 Juli 2018, 16:27 WIB

Koruptor Tol JORR Dijebloskan ke LP Cipinang

Rivki - detikNews
Koruptor Tol JORR Dijebloskan ke LP Cipinang Foto: Thamrin Tanjung (kacamata-batik cokelat)-dok ist
Jakarta - 17 tahun tak dibui, koruptor kasus korupsi Tol JORR Pondok Pinang-TMII akhirnya ditangkap kejaksaan. Kini, koruptor yang bernama Thamrin Tanjung itu, dijebloskan ke LP Cipinang.

"Pukul 11.00 WIB tadi, terpidana (Thamrin) ditempatkan di LP Cipinang," ujar Kasipenkum Kejati DKI Nirwan Nawawi, kepada detikcom, Rabu (11/7/2018).



Nirwan menambahkan, setelah ditangkap tadi malam, Thamrin dibawa ke Kejari Jakpus untuk dilakukan pemeriksaan. Adapun pemeriksaan seputaran soal administrasi.

"Kita juga tadi sudah berkoordinasi dengan pihak Lapas mengenai penempatan terpidana untuk jalani masa tahanannya," ungkap Nirwan.

Menurut Nirwan, penangkapan Thamrin, baru bisa dilakukan tahun ini karena Kejari Jakpus baru menerima putusan grasi pada April 2018. Padahal, vonis inkrah terhadap Thamrin sudah diketok Mahkamah Agung (MA) pada tahun 2001.

Tonton juga 'Uang Konsesi Pengelolaan JORR Rp 68 Miliar Dikembalikan ke Negara':

[Gambas:Video 20detik]



""Berdasarkan penetapan Ketua PN Jakpus no 189/PID.B/1998 tanggal 7 Oktober 2002 yang menetapkan penangguhan penahanan pelaksanaan eksekusi atas nama Thamrin Tanjung sampai menunggu keputusan permohonan grasinya," jelas Nirwan.

Berdasarkan putusan MA, Thamrin divonis 2 tahun penjara dan denda Rp 25 juta. Selain itu, Thamrin divonis membayar uang pengganti Rp 8 miliar. Thamrin Tanjung merupakan terpidana dalam kasus tindak pidana korupsi dalam penerbitan CP-MTN PT Hutama Karya dengan nilai Rp 1,05 triliun dan USD 471.000.000 yang telah berkekuatan hukum tetap.

Thamrin ditangkap di Cilandak Town Square (Citos), Jaksel, saat sedang makan pada Selasa (9/7) pukul 21.50 WIB.

Koruptor Tol JORR Dijebloskan ke LP Cipinang

(rvk/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed