detikNews
Selasa 10 Juli 2018, 13:23 WIB

Diterkam Buaya Saat Memancing, Alif Ditemukan Tewas

Raja Adil Siregar - detikNews
Diterkam Buaya Saat Memancing, Alif Ditemukan Tewas Korban diterkam buaya (Foto: dok. Istimewa)
Palembang - Alif (18), warga Banyuasin, Sumatera Selatan, yang hilang diterkam buaya, telah ditemukan. Alif ditemukan dua hari setelah diterkam buaya saat memancing. Alif ditemukan sudah tewas.

"Korban ditemukan sekitar pukul 10.40 WIB, kondisinya meninggal dunia dengan penuh luka bekas digigit buaya," kata Kapolres Banyuasin AKBP Yudhi Surya Markus Pinem saat dimintai konfirmasi detikcom, Selasa (10/7/2018).

Menurut Yudhi, korban hilang diterkam buaya saat akan mencuci kaki di Pulau Muning, Desa Limau Banyuasin. Dua hari pencarian oleh masyarakat, polisi, dan pawang buaya, korban akhirnya ditemukan.

"Kemarin ada juga pawang buaya yang dipanggil untuk pencarian. Termasuk alat berat untuk menyusuri anak sungai dan parit di sekitar lokasi sebelum akhirnya korban ini berhasil ditemukan," imbuhnya.

Yudhi mengatakan lokasi korban hilang merupakan habitat asli buaya muara di Banyuasin. Bahkan polisi pernah memasang plang larangan mencari ikan dan mengimbau masyarakat.

Sayangnya, plang imbauan itu kini hilang diduga dilepas warga. Oleh sebab itu, buaya muara yang memang tinggal di Sungai Rengit kembali menelan korban jiwa.

"Ini kejadian ketiga kalinya. Sebelumnya, pernah menelan korban dan kami pasang plang, tapi plang itu hilang lagi," katanya.

Untuk menghindari insiden buaya muara menelan korban jiwa, Polres Banyuasin, BKSDA, BPBD, serta perangkat desa akan memasang plang imbauan serupa.

"Kami tidak bisa mengevakuasi buaya dari lokasi karena itu habitat aslinya. Tapi kami imbau masyarakat jangan lagi mencari ikan di sana, nanti kami pasang lagi plang imbauan yang hilang," tutupnya.

Sementara itu, korban langsung dibawa ke rumah duka di Kelurahan Sukomoro, Talang Kelapa, Banyuasin. Korban rencananya akan langsung dimakamkan oleh pihak keluarga.
(asp/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com