DetikNews
Selasa 10 Juli 2018, 06:07 WIB

Satu Atau 10 Nama Cawapres Jokowi?

Andhika Prasetia - detikNews
Satu Atau 10 Nama Cawapres Jokowi? Presiden Joko Widodo (Foto: Agung Pambudhy)
Jakarta - Nama cawapres untuk Joko Widodo (Jokowi) sudah ada di kantongnya. Pengumumannya disebut menunggu 'cuaca cerah'. Namun nama bakal cawapres Jokowi masih simpang siur. Mana yang benar?

Soal kapan waktu Jokowi mengumumkan nama cawapres disebutkan oleh Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri. Mega yang bertemu Jokowi di Istana Batu Tulis, Bogor, Jawa Barat, Minggu (8/7) menyebut pengumuman menunggu momentum yang tepat.


"Pengumuman dilakukan pada momentum tepat, dan dalam cuaca yang cerah, secerah ketika matahari terbit dari timur. Jadi tunggu saja dan sabar," ujar Megawati dalam keterangan tertulis yang disampaikan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, Senin (9/7).

Nah, jumlah cawapres yang sudah di kantong Jokowi berbeda-beda versi. Politikus PDIP Eva Kusuma Sundari mendengar sudah ada 1 nama cawapres, yang artinya tinggal menunggu kesepakatan bersama dan diumumkan.


"Kalau Pak Jokowi kayaknya sudah di 1 nama. Pak Jokowinya," kata Eva soal cawapres Jokowi, Senin (9/7).

"Kayaknya Pak Jokowi lagi roadshow ke koalisi-koalisi, positioning. Mulai Bu Mega, abis ini mungkin ngajak ketemu Golkar," imbuh dia.

Pendapat berbeda disampaikan Ketum PPP Romahurmuziy (Rommy). Rommy justru menyebut cawapres Jokowi ada 10 nama atau kurang dari itu. Penegasan ini disampaikan Rommy dalam berbagai kesempatan.

"Disebutkan Pak Jokowi, sudah ada di kantong Beliau itu kurang dari sepuluh nama yang sudah diinformasikan kepada ketum partai yang sudah tegas mengusung Pak Jokowi yaitu PDIP, Golkar, PPP, NasDem, Hanura," jelas Rommy kepada wartawan di kantor DPP PPP, Jl Diponegoro, Jakarta Pusat, Senin (9/7).


Nama-nama cawapres Jokowi disebut dari berbagai kalangan. Ada yang dari cendikiawan hingga purnawirawan militer.

"Nama-nama tersebut pada saatnya akan kita bahas dan duduk bersama meskipun akhir-akhir ini ketum partai diminta untuk melakukan penilaian terhadap nama-nama itu. Saat ini kami masih terus mencermati nama-nama tersebut meminta masukan dari para ulama meminta pandangan dari dewan pimpinan wilayah untuk respons 10 nama itu bagi masyarakat untuk memudahkan PPP dalam untuk menyukseskannya nanti," papar Rommy.

Sementara itu NasDem belum membocorkan jumlah atau siapa saja nama cawapres Jokowi. NasDem hanya memberi bocoran cawapres Jokowi akan menggemparkan Indonesia.


"Cluenya pasti (cawapres) itu pendamping hebat buat Pak Joko Widodo, pasti diterima dengan senang hati oleh semua partai koalisi, pasti membuat gempar Indonesia karena itu tokoh yang cocok untuk Indonesia 2019-2024," kata Sekjen Nasdem Johnny G. Plate di kantor DPP NasDem, Gondangdia, Jakarta Pusat, Senin (9/7).

Nama-nama yang digadang-gadang menjadi cawapres Jokowi cukup banyak. Mulai dari Rommy, Ketum Golkar Airlangga Hartarto, Ketum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin), Ketua DPP PDIP nonaktif Puan Maharani hingga Anggota Dewan Pengarah BPIP Mahfud MD. Belum ada yang membocorkan siapa cawapres pilihan Jokowi.

Masa pendaftaran untuk capres/cawapres 2019 dimulai sejak 4 sampai 10 Agustus 2018. Jika pada Pilpres 2014, cawapres Jokowi diumumkan di menit-menit akhir, belum dipastikan apakah Jokowi mengulangi pola yang sama kali ini.

Jadi, ada berapa nama cawapres yang dikantongi Jokowi sekarang?
(dkp/ams)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed