DetikNews
Senin 09 Juli 2018, 20:05 WIB

Amien Rais 'Serang' Tokoh Balik Kanan sampai Pindah Posisi

Indah Mutiara Kami - detikNews
Amien Rais Serang Tokoh Balik Kanan sampai Pindah Posisi Amien Rais (Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta - Politikus senior PAN Amien Rais kembali melempar 'serangan'. Setelah dulu bicara soal fenomena 'teman balik kanan', kini Amien membahas tokoh yang bikin bingung karena berpindah posisi.

Kesamaannya, dua pernyataan itu disampaikan Amien Rais lewat video yang diunggah di Instagram. Sindiran Amien Rais soal 'teman balik kanan' disampaikan saat ia menjalankan ibadah umrah.

"Assalamualaikum wr wb, Saudara-saudaraku. Di tahun politik ini, sepertinya muncul sebuah fenomena baru, yaitu teman-teman yang mula-mula nampak lurus, nampak tawaduk, nampak istikamah, tiba-tiba agak berbalik kanan dan mengagetkan," kata Amien Rais dalam video yang di-posting di akun Instagram-nya, amienraisofficial, Senin (4/6/2018).


Menurut Amien, adanya sikap yang berbeda dari sejumlah rekannya di tahun politik ini merupakan hal yang biasa. Dia hanya berharap rekan-rekan yang sudah berbeda itu dapat kembali ke jalan yang seharusnya. Hanya, Amien tidak menyebut dengan jelas siapa teman-teman yang dimaksud 'berbeda arah' itu.

"Dalam tarikh Islam, bahkan dalam Alquran, dalam hadis pun, fenomena ini sangat biasa. Jadi kita hanya harapkan teman-teman kita itu, yang semula kita anggap istikamah lurus, tiba-tiba balik kanan," kata Amien.


"Ada pesan Nabi: 'istafti qalbak', mintalah fatwa pada hatimu. Hati kita tidak mungkin akan berbohong. Insyaallah. Saya kira itu dulu saja, sampai ketemu lagi," lanjutnya.

Kini, Amien Rais kembali melempar sindiran. Sekarang tentang tokoh yang berpindah posisi. Dia meminta tokoh tersebut didoakan agar kembali ke jalan hidayah. Amien juga mengajak masyarakat tidak mengikuti jejak tokoh itu.

"Saudara-saudaraku, akhir-akhir ini, kita melihat sebagian umat, bahkan sebagian tokoh, membingungkan kita karena berpindah posisi, dari posisi yang kita anggap sudah benar, sesuai dengan hidayah Allah, tiba-tiba pindah ke posisi lain yang membuat kita agak bertanya-tanya," ucap Amien lewat video yang diunggah pada Minggu (8/7).


"Nah untuk mereka, kita doakan mudah-mudahan mereka kembali ke jalan hidayah, jalan yang dibimbing oleh Allah. Sementara kita sendiri, kita bentengi agar kita tidak ikut-ikutan, dengan doa ayat 8 surat Ali Imran," sambungnya.

Dalam dua video itu, Amien tidak menyebut siapa yang dia maksud dengan 'teman balik kanan' ataupun 'tokoh pindah posisi'. Namun kedua pernyataan itu sama-sama memunculkan spekulasi di publik.
(imk/ams)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed