detikNews
Rabu 27 Juni 2018, 17:39 WIB

PPP dan NasDem Menangi 3 Pilgub di Jawa

Indah Mutiara Kami - detikNews
PPP dan NasDem Menangi 3 Pilgub di Jawa Ilustrasi (Kiagoos Auliansyah/detikcom)
Jakarta - Quick count sudah menunjukkan keunggulan calon-calon di Pilkada 2018. Di Jawa, semua calon yang diusung di pilgub oleh PPP dan NasDem menang.

Quick count yang dilakukan oleh SMRC, LSI, Charta Politika, Indo Barometer, dan Indikator di Pilgub Jabar 2018 memenangkan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum. Berdasarkan data KPU, pasangan ini diusung oleh PPP, PKB, Hanura, dan NasDem.



Sementara itu, Ganjar Pranowo unggul di quick count Pilgub Jateng yang dilakukan oleh SMRC, LSI, Charta Politika, dan Indo Barometer. Ganjar Pranowo-Taj Yasin diusung oleh PDIP, Demokrat, PPP, dan NasDem, sesuai dengan data KPU.

Di Pilgub Jatim, quick count SMRC, LSI, Charta Politika, Indo Barometer, dan Indikator memenangkan Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak. Pasangan ini diusung oleh Demokrat, NasDem, PAN, Hanura, PPP, dan Golkar, sesuai dengan data KPU.

Kesamaan dari tiga pasangan yang menang versi quick count itu adalah sama-sama diusung oleh PPP dan NasDem.



Menanggapi hal ini, Wakil Ketua Umum PPP Arwani Thomafi mengatakan kemenangan tiga kandidat yang diusung PPP ini memberi pesan penting. Ada tiga pesan dari kemenangan ini.

"Pertama, konsolidasi yang dilakukan internal PPP pascakonflik berjalan cukup baik. Kedua, eksistensi politik santri memiliki tempat di hati publik. Anggapan yang dimunculkan sebagian pihak tentang meredupnya eksistensi politik santri terbantahkan dengan sejumlah hasil pilkada ini. Ketiga, perkawinan politik santri-nasionalis di sejumlah daerah terbukti menjadi perpaduan ideal khas Indonesia yang mencerminkan fakta sosiologis masyarakat Indonesia," papar Arwani.
(imk/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com