detikNews
Rabu 27 Juni 2018, 10:46 WIB

Bikin Heboh, Ikan Arapaima Cepat Adaptasi dan Berkembang Biak

Bagus Prihantoro Nugroho - detikNews
Bikin Heboh, Ikan Arapaima Cepat Adaptasi dan Berkembang Biak Ikan Arapaima Gigas yang dilepas di Sungai Brantas. Foto: dok. Baihaqi Bahar Alwi Tantra
Jakarta - Sejumlah Ikan Arapaima Gigas dilepaskan ke Sungai Brantas, Jawa Timur. Peneliti limnologi LIPI Prof Gadis Sri Haryani menyebut ikan tersebut mampu beradaptasi dengan cepat.

"Kalau memang ikan ini menemukan habitat yang sesuai, dia kan di sungai, dia masuk Indonesia masuk sungai besar akan menemukan habitat yang sesuai. (Arapaima Gigas) bisa berkembang biak, kalau dia menemukan habitatnya bisa jadi banyak," papar Prof Gadis saat berbincang dengan detikcom, Rabu (27/6/2018).



Limnologi adalah ilmu yang mempelajari tanah, kolam, dan air tawar serta biota yang terkait dengan itu. Ada kemiripan antara Sungai Amazon yang merupakan habitat asli Arapaima Gigas dengan Sungai Brantas yakni sama-sama merupakan sungai besar.

Prof Gadis menambahkan, ikan arapaima gigas cenderung memiliki sedikit predator bahkan tak memiliki predator. Dia mencontohkan soal kemungkinan buaya berhadapan dengan ikan tersebut.

"Mungkin buaya bisa memakan ikan itu, tapi perlu dicatat bahwa jumlah buaya di Sungai Brantas terbilang sedikit. Selain itu buaya kan biota asli Sungai Brantas, jadi mungkin bisa terganggu dengan fauna introduksi seperti arapaima ini," ujar Prof Gadis.



Menurut Prof Gadis, ikan atau biota introduksi biasanya bisa menang melawan biota asli dalam hal berebut makanan. Prof Gadis menekankan potensi rusaknya ekosistem dengan kehadiran ikan introduksi jenis ini.

"Jelas merusak ekosistem kali brantas, ikan umumnya relatif lebih kecil, suatu saat akan habis, dengan lingkungan Sungai Brantas, akan menguasai lingkungan di situ dengan makan ikan," kata Prof Gadis.
(bag/fjp)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
BERITA TERBARU +