DetikNews
Rabu 20 Juni 2018, 19:57 WIB

Cerita Cucu Jenderal Soedirman Pilih Bergabung ke PKPI

Samsudhuha Wildansyah - detikNews
Cerita Cucu Jenderal Soedirman Pilih Bergabung ke PKPI Foto: Ganang Soedirman (Wildan/detikcom)
Jakarta - Setelah melakukan perombakan organisasi, PKPI juga membentuk struktur baru yakni Kesejahteraan Prajurit dan Veteran. Salah seorang cucu Jenderal Soedirman didapuk menjadi ketua bidang tersebut.

"Jadi memang ada bidang baru itu Kesejahteraan Prajurit dan Veteran. Selama ini kita lihat basis suara PKPI secara tradisional adalah warga prajurit TNI-Polri tetapi belum ada bidang yang mewadahi voter tersebut," kata Ketua Umum PKPI Diaz Hendropriyono kepada wartawan di Menara Kuningan, Jalan Rasuna Said, Jakarta Selatan, Rabu (20/6/2018).


Diaz menegaskan pihaknya mendukung hak-hak prajurit TNI-Polri dan juga veteran. Untuk itulah, cucu Jenderal Soedirman, Ganang Soedirman didapuk sebagai Ketua Bidang Kesejahteraan Prajurit dan Veteran.

Ganang mengaku pihaknya tertarik ditawari bergabung dengan PKPI karena memiliki kesamaan visi dan misi dengan yayasan yang dikelola keluarganya, yakni memperhatikan kesejahteraan para pejuang. Menurutnya hingga saat ini baru PKPI yang selaras dengan semangat keluarganya.

"Jadi sudah puluhan tahun sebetulnya kami ini punya satu wadah kepedulian untuk para pejuang yang kita lakukan di foundation kita masing-masing, nggak ada satupun partai yang peduli, nggak ada satupun, selalu jargonnya dipakai Soedirman, Soedirman terus," ungkapnya.



Ganang mengaku berminat bergabung karena alasan tersebut. Meski aktif di struktur pengurus, nantinya Ganang mengaku tak mau terlibat di politik praktis.

"Walaupun saya disini tapi saya tidak mau politik praktis, nggak mau. Khusus di bidang ini saja. Jadi kalau pertanyaan politik macam-macam monggo ke Pak Ketum," kata Ganang.

Ganang juga menyebut alasannya bergabung ke PKPI karena didirikan oleh purnawirawan TNI yaitu almarhum Jenderal Purn Edi Sudradjat dan Jenderal TNI Purn Try Sutrisno. Dia pun menyatakan siap bersuara jika partainya lalai memperjuangkan kesejahteraan prajurit TNI-Polri dan para veteran.

"Ketika nanti itu tidak sesuai dengan tujuan dibentuknya ya kami akan berteriak apa adanya. Tugas kami ya itu kesejahteraan, nah kebetulan PKPI ini didirikan Pak Try dan Pak Edi saat itu memang untuk supaya ada suara dari pejuang dan keluarganya untuk menyalurkan aspirasi politiknya," ucapnya.

"Saya bilang siap (bergabung PKPI) tapi izin saya tidak akan mencalegkan diri tapi tetap fokus pada kesejahteraan tentara itu memang kami seperti itu," imbuhnya.


(ams/nkn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed