DetikNews
Rabu 20 Juni 2018, 12:32 WIB

10 Penyelam Basarnas Cari Penumpang KM Sinar Bangun di Danau Toba

Faiq Hidayat - detikNews
10 Penyelam Basarnas Cari Penumpang KM Sinar Bangun di Danau Toba Pencarian korban KM SInar Bangun (Foto: ANTARA FOTO)
FOKUS BERITA: Tragedi Danau Toba
Jakarta - Tim Basarnas mengerahkan 25 penyelam untuk mencari penumpang KM Sinar Bangun, yang tenggelam di Danau Toba. Sepuluh penyelam di antaranya merupakan personel elite Basarnas.

"Tim SAR di LKP Musibah KM Sinar Bangun akan lakukan penyelaman dengan kekuatan 25 org, terdiri 2 Tim #Basarnas Special Group, 1 tim Marinir taifib, Pol Air 3 org, Pos SAR danau Toba 9 org," cuit akun Twitter Basarnas, @SAR_Nasional, yang dikutip detikcom, Rabu (20/6/2018).

"Basarnas bersama tim gabungan melakukan briefing pagi terkait pencarian korban KM Sinar Bangun yg tenggelam di Per. Danau Toba. Sebanyak 10 Personil Elit Basarnas dikerahkan utk membantu proses pencarian korban. Avignam Jagat Samagram," demikian cuitan akun Twitter Humas Basarnas, @humas_basarnas.




Sementara itu, Kabasarnas Marsekal Madya M Syaugi mengatakan tim penyelam dibantu dengan alat khusus untuk mencari penumpang. Sebab, jarak pandang tim penyelam terbatas karena kondisi perairan yang gelap.

"Alat pencarian, remote underwater sama alat motor untuk kecepatan di dalam air, bukan hanya orang berenang, tapi kayak scooter itu angkat 7 orang, penyelam dikasih alat, kalau pakai alat tidak capek," kata Syaugi.

Sebelumnya, Kemenhub mencatat ada 186 penumpang yang menaiki KM Sinar Bangun. Namun 18 orang sudah ditemukan dan 3 orang tewas tenggelam.
(fai/fdn)
FOKUS BERITA: Tragedi Danau Toba
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed