DetikNews
Jumat 15 Juni 2018, 18:45 WIB

Zulkifli Usul Kalender Hijriah agar Tak Ada Debat Kapan Lebaran

Muhammad Idris - detikNews
Zulkifli Usul Kalender Hijriah agar Tak Ada Debat Kapan Lebaran Foto: Dok. MPR
Jakarta - Ketua MPR RI Zulkifli Hasan menyebut perlu adanya kalender Hijriah agar tak terjadi perbedaan penentuan awal puasa dan Lebaran. Setiap menjelang puasa dan Lebaran biasa terjadi perbedaan awal puasa dan Lebaran di antara umat Islam.

Ketum PAN tersebut mendukung usulan Komisi VIII DPR terkait pembuatan kalender resmi Hijriah. Selama ini, berbagai kelompok agama di Indonesia kerap berbeda waktu dalam merayakan Lebaran.

Dia menyayangkan masalah perbedaan awal puasa dan Lebaran masih saja menjadi sengketa di antara umat Islam. Untuk itu, menurutnya, perlu disepakati cara hisab dan rukyatnya.

"Saya setuju usulan dibuatkan kalender Hijrah. Disepakati batas-batas derajatnya," kata Zulkifli, Jumat (15/6/2018).


Dipaparkannya, di zaman modern seperti saat ini, dengan penggunaan teknologi, semua bisa diukur dengan sangat presisi. Termasuk kapan jatuhnya Ramadan dan Idul Fitri.

"Bahkan kita bisa mengetahui 50 tahun hingga 100 tahun ke depan mengenai terjadinya gerhana bulan dan matahari yang tak satu pun meleset," ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, dia mengungkapkan Idul Fitri adalah akhir dari kemenangan setelah sebulan penuh berpuasa. Saat Lebaran, maka dengan sendirinya dihasilkan pribadi-pribadi yang saleh.

Kesalehan sosial itu, menurut Zulkifli, adalah pribadi yang suka berbagi, tenggang rasa, dan tak mau menang sendiri. Sebagai pribadi yang mencerminkan kesalehan sosial, diharapkan mereka mau berbagi kepada sesama yang kurang beruntung.


"Saling memaafkan dan memperkuat silaturahmi. Kalau ada kelebihan mari kita berbagi. Sehingga semua akan berbahagia di hari yang fitri ini. Kita doakan saudara kita yang mudik jalannya lancar," ucap Zulkifli.

Zulkifli menyatakan mohon maaf lahir dan batin bila selama ini ada kesalahan yang disengaja atau kekhilafan yang dilakukan. Dia berharap selepas umat Islam melaksanakan puasa selama satu bulan, bisa lahir pribadi-pribadi yang mempunyai kesalehan sosial.

"Selamat hari raya Idul Fitri 1439 H, minal aidin walfaizin", pungkasnya.
(idr/ega)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed