DetikNews
Kamis 14 Juni 2018, 22:35 WIB

Bakal Jadi Lokasi Salat Id JK, Begini Persiapan Masjid Istiqlal

Zunita Amalia Putri - detikNews
Bakal Jadi Lokasi Salat Id JK, Begini Persiapan Masjid Istiqlal Suasana di dalam masjid Istiqlal (Foto: Zunita Amalia Putri/detikcom)
Jakarta - Masjid Istiqlal akan menjadi lokasi salat id Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) hingga Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan besok. Pengurus masjid pun telah melakukan persiapan.

"Kemungkinan (persiapan) sama persis kalau beliau (JK) datang ya persiapan 100 persen persis jika RI 1 ke Istiqlal," kata Humas Masjid Istiqlal Abu Hurairah di Masjid Istiqlal, Jalan Taman Wijaya Kusuma, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Kamis (14/6/2018).

"Jemaah diperkirakan sekitar 100 sampai 150 ribu," sambungnya.


Abu mengatakan rencananya kedatangan JK akan disambut oleh Menteri Agama Lukman Hakim dan Anies. Selain itu juga ada dari 19 Duta Besar beserta keluarganya yang telah mengonfirmasi hadir dalam pelaksanaan salat id besok.

"Tadi juga ada informasi dari Kemlu bahwasanya di antara 30 perwakilan negara sahabat yang beragama Islam dikasih undangan, ada 19 yang konfirmasi mereka akan datang dengan keluarganya," ucapnya.

Abu juga menyarankan kepada jemaah yang ingin melaksanakan salat id di Istiqlal agar dapat datang lebih awal yaitu pukul 04.30 WIB diharapkan sudah datang dan salat subuh berjamaah di Istiqlal. Hal ini dikarenakan agar para jemaah mendapatkan saf untuk salat id yang akan dimulai pukul 07.00 WIB.

Terkait kantong parkir, pihak Istiqlal sudah berkoordinasi dengan beberapa pihak. Ia mengatakan parkir bisa dilakukan di beberapa titik di antaranya Gereja Katedral, Kantor Kementerian Agama, dan Lapangan Banteng.

Ia juga menginfokan kepada para jemaah yang akan datang, semua pintu masuk Masjid Istiqlal akan dibuka kecuali pintu Al Malik untuk tamu VIP seperti Wapres dan pintu As Salam untuk Menteri.

"Kantong parkir sudah kordinasi tadi, bisa di Kemenag, bisa Lapangan Banteng, bisa sampai Katedral bisa, dan mengular ke Santa Ursula dan kantor pos juga bisa, kemudian jalan Veteran-Juanda juga silakan," jelas dia.


Tak hanya itu, Masjid Istiqlal juga sudah menyiapkan cara untuk jemaah penyandang disabilitas atau lansia. Istiqlal telah menyiapkan pintu khusus di Ar Rahman khusus untuk disabilitas dan lansia, di sana disediakan lift dan dijaga oleh beberapa petugas.

"Memang kekurangan Masjid Istiqlal kan ada di atas salatnya. Maka kami sudah siapkan pintu khusus di pintu masjid Ar Rahman di sana ada lift, kalau pintu lain nggak ada nanti ada petugas yang jaga," tutur dia.

Salat Id akan dimulai pukul 07.00 WIB dengan dipimpin imam Hasanuddin Sinaga serta khatib untuk penceramahnya adalah Aa Gym yang akan membawakan tema ceramah 'Meraih Kemenangan Pribadi Menuju Kemenangan Umat'.
(haf/haf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed