DetikNews
Kamis 14 Juni 2018, 17:18 WIB

Menag Dengarkan Pemaparan Pantauan Hilal

Zunita Amalia Putri - detikNews
Menag Dengarkan Pemaparan Pantauan Hilal Menag dengarkan pemaparan hilal (Foto: Zunita Amalia Putri/detikcom)
Jakarta - Sidang isbat digelar pemerintah melalui Kementerian Agama. Menag Lukman Hakim Saifuddin membuka sidang isbat kali ini.

Berdasarkan pantauan di lokasi, Kantor Kementerian Agama, Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (14/6/2018), sidang dimulai pukul 17.00 WIB. Anggota Tim Hisab dan Rukyat Cecep Nurwendaya memaparkan mengenai hasil pemantauan hilal di sejumlah lokasi di Indonesia.


"Ini hasil dari temu kerja hisab rukyat di Grand Diara Hotel kabupaten bogor jawa barat, dan sudah di validasi pada temu kerja hisab tahun 2018 tanggal 23 sampai dengan 25 april di Sylvia Resort Komodo, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur. Ini secara hisab, yang kita kenal hisab itu sifatnya informasi. Sementara rukyat adalah konfirmasi," ujar Cecep.

Selain Menag, hadir tokoh agama lain yakni Ketum MUI Ma'ruf Amien, Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar, Ketua Komisi VIII DPR Ali Taher, dan para tamu serta pewakilan Kedutaan Besar negara Islam.

Proses penentuan awal Syawal ini menggunakan metode hisab dan rukyat dalam penentuan awal bulan Hijriah. Hal itu sebagaimana diatur di dalam Fatwa Majelis Ulama Indonesia Nomor 2 Tahun 2004 tentang Penetapan Awal Ramadan, Syawal, dan Dzulhijjah.



Ini video Pemerintah Gelar Sidang Isbat Malam Ini
(rna/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed