DetikNews
Kamis 14 Juni 2018, 16:39 WIB

Timses Sudirman-Ida: Video Editan Cak Lontong Bukan Buatan Kami

Haris Fadhil - detikNews
Timses Sudirman-Ida: Video Editan Cak Lontong Bukan Buatan Kami Foto: Screenshot Video KULTUM CAK LONTONG EDISI RAMADHAN dari akun Youtube JATIM Sedulur
Jakarta - Tim sukses cagub-cawagub Jawa Tengah, Sudirman Said-Ida Fauziyah, mengaku tak tahu dari mana video editan yang menampilkan komedian Cak Lontong mendukung paslon itu. Tim Sudirman-Ida juga mengatakan tidak pernah mengedit video tersebut.

"Dari tim Dirman-Ida nggak pernah melakukan cara-cara yang seperti itu. Di internal kita nggak pernah pakai cara-cara seperti itu. Kita cara yang elegan dan tidak melanggar aturan," kata juru bicara tim pemenangan Sudirman-Ida, Sriyanto Saputro, kepada detikcom, Kamis (14/6/2018).


Dia juga meminta para pendukung Sudirman-Ida tidak mengunggah video tersebut. Menurut Sriyanto, jika ingin tahu siapa yang pertama kali menyebarkan video itu, bisa dicek dari jejak digital.

"Pendukung tidak perlu kita meng-upload itu kalau ilegal. Sumbernya dari mana kita belum tahu. Kalau ada pihak yang keberatan, bisa dicek dari jejak digital. Tidak ada program dari Dirman-Ida menggunakan cara-cara ilegal seperti itu," ujarnya.

Sebelumnya, akun Twitter Sekjen PKB Abdul Kadir Karding mengunggah video 'dukungan' Sudirman-Ida yang menampilkan sosok komedian Cak Lontong. Namun hal itu diprotes oleh Cak Lontong karena merasa video itu bukan untuk Sudirman-Ida.


Posting-an Karding tersebut kemudian dibalas oleh akun @C_lontong. @C_lontong menuliskan protes atas posting-an Karding tersebut. Menurutnya, video itu adalah dukungan untuk calon nomor 2 di Pilgub Jawa Timur, bukannya Pilgub Jateng.

"Saya kira @Kadir_Karding dengan sengaja telah mengambil rekaman saya yg sebenarnya utk pilgub Jatim tapi disalahgunakan untuk pilgub jateng. Apabila tdk menarik dan meminta maaf, makantim hukum kami akan melakukan langkah2 hukum yg dianggap perlu," tulis @C_lontong.

Karding sendiri telah meminta maaf kepada Cak Lontong karena mengunggah video itu serta menghapus video tersebut dari posting-an Twitter-nya. Dia mengaku mendapat video itu dari orang lain dan tak mengecek detail soal kebenaran video tersebut.
(haf/haf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed