DetikNews
Kamis 14 Juni 2018, 15:31 WIB

Sebab Tenggelamnya Kapal di Makassar: Kelebihan Muatan dan Cuaca

Ibnu Munsir - detikNews
Sebab Tenggelamnya Kapal di Makassar: Kelebihan Muatan dan Cuaca Kapolda Sulsel, Irjen Pol Umar Septono (Ibnu Munsir/detikcom)
Jakarta - Kapolda Sulsel, Irjen Pol Umar Septono memastikan musibah kapal tengelam di laut Makassar akibat kelebihan muatan penumpang. Umar meminta masyarakat untuk memperhatikan keselamatan dan kondisi cuaca jika berpergian.

"Iya memang di samping kelebihan kapasitas penumpang kapal, cuaca, angin dan gelombang besar menjadi faktor utama tengelamanya kapal. Dua faktor itu (kelebihan kapasitas dan cuaca)," kata Kapolda Sulsel, Irjen Pol Umar Septono usai mengunjungi Pulau Barang Lompo, Kamis (14/6/2018).

Sebab Kapal Tenggelam di Makassar: Kelebihan Muatan dan CuacaFoto ilustrasi; Sanak Keluarga penumpang kapal tenggelam di Makassar datangi RS AL Pelabuhan (Taufik-detikcom)


Lebih lanjut, Umar menjelaskan perahu nelayan yang digunakan untuk mengangkut penumpang berkapasitas 20 orang, namun kemudian dipaksakan mengangkut lebih dari kapasitasnya.


"Kalau normalnya hanya 20 penumpang saja, tidak boleh lebih. Malah dia paksa naik penumpang lagi di pangkalan lain," jelasnya.

Umar berharap, insiden tengelamnya kapal di laut Makassar tak terulang dengan memperhatikan keselamatan.


(dnu/dnu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed