DetikNews
Kamis 14 Juni 2018, 00:40 WIB

Sistem Satu Arah di Jakarta-Brexit, Kakorlantas: Lalin Kondusif

Eva Safitri - detikNews
Sistem Satu Arah di Jakarta-Brexit, Kakorlantas: Lalin Kondusif Foto: Irjen Royke Lumowa (Marlinda/detikcom)
FOKUS BERITA: Jalur Mudik 2018
Jakarta - Setelah diberlakukannya One Way Traffic KM 53 Tol Cikampek sampai KM 268 Exit Brebes Timur, arus lalu lintas pemudik terpantau kondusif. Meski padat, kendaraan tetap dapat melaju dengan kecepatan 40 km/jam.

"Kita lihat sendiri rest area kondusif artinya tidak ada antrean. Di Kertasari, saya monitor antrean exit gate hanya 1 km di Palimanan 1 km lebih dikit," ujar Kakorlantas Polri Irjen Royke Lumowa di Gate Palimanan, Rabu (13/6/2018).


Kebijakan ini diambil untuk mengurai kepadatan yang kian menjadi. One Way Traffic diberlakukan antaran banyaknya titik kepadatan yang tidak bisa diupayakan lagi dengan contraflow ataupun rekayasa ke arteri.

Kebijakan ini diambil karena pola yang telah dilakukan belum dapat mengurai. Polisi sudah melakukan pengalihan arus (contraflow), mengarahkan pemudik ke jalur arteri namun belum dapat mengurai kemacetan.

"Karena kalau sudah one way harus konsisten, one way itu harus konsisten panjang karena kalau penggal per penggal, artinya kalau dua lajur ya dua lajur terus, kalau saat ini 4 lajur ya 4 lanjur sampai Jawa Tengah," ucap Royke.


Sementara diberlakukan one way ini, petugas tetap akan mengatur buka tutup pintu gerbang tol. Terutama di Gate Palimanan yang menjadi pintu gerbang pertama keluar Jakarta.

"Gate Palimanan ini adalah salah satu pintu untuk mengatur keran arus yang menuju timur tentunya karena sekarang sedang diberlakukan one way sistem buka tutup akan tetap diberlakukan," kata Royke.

Belum diketahui sampai kapan one way diberlakukan. Namun, jelas Royke, jika situasi sudah hampir normal, one way akan ditutup secara bertahap juga, mulai dari barat ke timur.

"Masih kondusif. Makanya kami bertahan kita tunggu sampai mana ekornya, nanti lama lama ilang sampai akhirnya kita kembalikan normal lagi," ujarnya.

"Jadi manti one way ini akan berakhir mulai dari Barat, kalau Barat kondusif cair, oke, buka jadi two way lagi terus berangsur-angsur hingga Jawa Tengah," tutupnya.
(gbr/gbr)
FOKUS BERITA: Jalur Mudik 2018
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed