DetikNews
Rabu 13 Juni 2018, 22:50 WIB

Sistem Satu Arah Diberlakukan di Jakarta-Brexit

Eva Safitri - detikNews
Sistem Satu Arah Diberlakukan di Jakarta-Brexit Sistem satu arah di tol jalur Jakarta-Brexit alias Cikampek hingga Exit Brebes Timur (Eva Safitri/detikcom)
Subang - Jalur satu arah mulai diberlakukan dari titik Km 53 Tol Cikampek hingga Km 268 Exit Brebes Timur (Brexit). Ini merupakan upaya mengurai kemacetan arus mudik malam ini.

Sebelumnya, jalur satu arah sudah dibuka dari Km 82 Tol Cipali hingga Gate Palimanan pukul 17.15 WIB. Kini one way secara keseluruhan tengah diberlakukan.


Jalur satu arah dimulai dari Cikampek sampai Brexit ini dibuka sejak pukul 21.00 WIB. Berdasarkan pantauan detikcom di ruas Tol Cikampek-Palimanan setelah dibukanya one way traffic, suasana kendaraan terlihat ramai-lancar.

Namun terdapat antrean kendaraan saat keluar di Gate Palimanan. Sebanyak 22 pintu gerbang di Palimanan dibuka.


Lepas exit Palimanan, arus kendaraan kembali terurai. Gate Palimanan ini merupakan pusat pengendalian arus kendaraan yang keluar dari Jakarta.

Sistem buka-tutup akan diberlakukan di gerbang ini. Hal ini guna mengatur arus kendaraan agar tidak terjadi penumpukan di exit tol setelahnya.

"Namun kita sudah antisipasi di arah timur agar tidak terjadi kepadatan dengan cara kami mengatur dengan cara membuka tutup gardu Palimanan. Kalau terlalu banyak yang ke arah timur, akan dikurangi Gate Palimanan," ujar Kakorlantas Polri Irjen Royke Lumowa, Rabu (13/6/2018).

"Jika di Gate Kertasari kondusif, kita akan tambah lagi Gate Palimanan," lanjutnya.


Sementara itu, dari arah sebaliknya, mobil yang akan mengarah ke Jakarta akan diarahkan melalui Pantura.

"Yang mengarah dari Palimanan ke Jakarta akan diarahkan melalui arteri. Ini nggak tiba-tiba seperti ini, ada perencanaan dan koordinasi dengan kapolres setempat," tutupnya.
(dnu/dnu)
Baca Juga
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed