DetikNews
Rabu 13 Juni 2018, 10:32 WIB

Kapal Mudik Gratis dari Tanjung Priok Diberangkatkan Hari Ini

Samsudhuha Wildansyah - detikNews
Kapal Mudik Gratis dari Tanjung Priok Diberangkatkan Hari Ini Antrean pemudik di Tanjung Priok (Foto: Samsudhuha Wildansyah/detikcom)
FOKUS BERITA: Jalur Mudik 2018
Jakarta - Mudik gratis yang diselengarakan Kementerian Perhubungan dengan menggunakan kapal Ro-Ro diberangkatkan hari ini. Para pemudik sudah berada di Terminal Penumpang Tanjung Priok, Jakarta Utara, sejak pagi hari.

Pantauan detikcom di Terminal Penumpang Dermaga Eks Presiden, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (13/6/2018) para pemudik untuk keberangkatan jam 13.00 sudah berada di lokasi sejak pukul 09.00 WIB. Semakin siang, para pemudik terus berdatangan ke lokasi.

Kapal Mudik Gratis dari Tanjung Priok Diberangkatkan Hari IniFoto: Samsudhuha Wildansyah/detikcom
Para pemudik terlihat memarkirkan kendaraanya di bagian samping terminal penumpang itu sebelum nantinya kendaraan mereka dipindahkan ke dalam kapal Ro-Ro. Saat ini, para pemudik terlihat tengah duduk di tenda yang disediakan.


Benny Subanto (25) salah satu pemudik yang menggunakan fasilitas mudik gratis ini mengaku baru pertama kali menggunakan fasilitas mudik gratis dengan kapal laut.

"Saya dari Jakarta mau mudik ke Semarang. Kapal nanti keberangkatanya jam 13.00 WIB siang. Saya datang 09.00 WIB ya antisipasi aja makanya saya datang pagi," kata Benny saat berbincang dengan detikcom di lokasi.

Benny mengatakan baru pertama kali mudik dengan kapal dan ikut dalam mudik gratis. Ia berharap agar tahun-tahun berikutnya tetap dilaksanakan mudik gratis menggunakan kapal laut ini.

"Saya nanti dari sini (dari dermaga Eks Presiden Tanjung Priok) ke pelabuhan Tanjung Mas (Semarang). Habis dari situ saya naik motor ke Solo, Saya kampungnya di Solo. Ya Semarang ke Solo jaraknya nggak begitu jauh kan dari pada dari Jakarta," imbuhnya.


Senada dengan Benny, Adi Sucipto (40) mengaku sering mudik Jakarta-Semarang menggunakan motor. Saat ini Ia memilih mudik menggunakan fasilitas yang diberikan pemerintah yakni mudik gratis menggunalan kapal Ro-Ro.

"Biasaanya saya mudik naik kereta tapi waktu belum punya anak pernah juga bawa motor ke Semarang. Tapi kalau sekarang ya mending pakai angkutan umum aja lebih aman apalagi ada yang gratis ya kenapa mesti naik motor kalau ada angkutan yang disediakan gratis?," kata Adi.

Kapal Mudik Gratis dari Tanjung Priok Diberangkatkan Hari IniFoto: Samsudhuha Wildansyah/detikcom
Untuk persyaratan mengikuti mudik gratis ini, dikatakan Benny maupun Adi cukup mudah. Tidak ada biaya yang dikeluarkan sama sekali untuk ikut dalam mudik gratis ini.

"Persyaratannya gampang kok, persyaratannya cuma nunjukin KTP, SIM, STNK tanpa dipungut biaya. Itu pendaftaranya udah lama dari 23 Mei yang lalu," kata Benny.

Nantinya sekitar pukul 11.00 WIB dijadwalkan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Kementrian Perhubungan, akan melepas para pemudik di lokasi.
(rna/rna)
FOKUS BERITA: Jalur Mudik 2018
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed