DetikNews
Rabu 13 Juni 2018, 09:44 WIB

Mega Sajikan Es Kelapa Merah-Putih untuk Jokowi, Ini Makna Khususnya

Ray Jordan - detikNews
Mega Sajikan Es Kelapa Merah-Putih untuk Jokowi, Ini Makna Khususnya Foto: Dok. Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto
Bogor - Saat buka puasa bersama di Istana Batu Tulis kemarin, Ketua Umum Megawati Soekarnoputri menyajikan es kelapa dengan sirop merah spesial kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ada pesan khusus yang disampaikan Megawati kepada Jokowi dari pemberian es kelapa tersebut.

Pertemuan yang diselingi buka puasa bersama itu dilakukan di Istana Batu Tulis, Bogor, Jawa Barat, Selasa (12/6/2018) kemarin. Adapun menu buka puasa yang disajikan antara lain tumis bunga pepaya, udang saus padang, ikan sukang bakar, sayur asem, dan asem-asem iga. Sambil tertawa, Megawati memberikan es kelapa muda sebagai makanan pembuka lengkap dengan sirop merahnya.

"Ini kelapa muda merah-putih, biar semangat merah-putih terus bergelora dalam diri Pak Jokowi, apa pun tantangan yang dihadapi," kata Megawati dalam keterangan tertulis yang disampaikan oleh Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, Rabu (13/6).

"Merah-putih ini telah menjadi lambang bendera Majapahit, Sang Saka Getih-Getah Samudera, atau Sang Saka Gula Kelapa," imbuh Megawati.
Mega Sajikan Es Kelapa Merah Putih untuk Jokowi, Ini Makna KhususnyaFoto: Dok. Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto

Sementara itu, Hasto mengatakan pertemuan tersebut juga membahas sejumlah hal strategis, termasuk soal siapa cawapres yang akan mendampingi Jokowi. Terkait cawapres, Megawati memberikan masukan agar segala sesuatunya dilakukan dengan pertimbangan matang dan terus melakukan kontemplasi agar benar-benar memahami aspirasi rakyat Indonesia, sambil memohon petunjuk dari Tuhan Yang Mahakuasa.

"Presiden dan wakil presiden itu merupakan pemimpin rakyat, pemimpin bangsa dan negara. Semua harus dipersiapkan dengan matang, dengan pertimbangan nurani yang jernih. Siapa pun yang ditetapkan sebagai cawapres ke depan, maka Pak Jokowi dan calon wakilnya merupakan satu kesatuan. Momentumnya dilakukan pada saat yang tepat," kata Megawati dalam pertemuan itu seperti disampaikan Hasto.

Pertemuan tersebut diakhiri acara foto bersama dengan latar belakang lukisan Bung Karno, Proklamator dan Penyambung Lidah Rakyat Indonesia.
(jor/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed