DetikNews
Selasa 12 Juni 2018, 21:00 WIB

Pujian Jokowi Jawab Tantangan Amien Rais

Ray Jordan, Andhika Prasetia, Dwi Andayani, Yuni Ayu Amida - detikNews
Pujian Jokowi Jawab Tantangan Amien Rais Presiden Joko Widodo dan senior PAN Amien Rais (Foto: dok. detikcom)
Jakarta - Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais dengan lantang menantang Presiden Joko Widodo bertarung secara gentle sesuai konstitusi. Tantangan tersebut dijawab dengan pujian oleh Jokowi.

Tantangan ini disampaikan Amien dalam 'Tausiah Kerakyatan 2019 Indonesia Pasca-Jokowi' di Kampung Akuarium, Penjaringan, Jakarta Utara, Sabtu (9/6). Amien ingin Jokowi tidak lagi terpilih menjadi presiden pada 2019.


"Jadi saya menantang Pak Jokowi, mari kita bertanding secara fair. Mari kita duel secara gentle. Artinya apa, kita nggak usah jihad dengan fisik, menimbulkan bloodshed, tumpah darah, itu nanti ada masanya. Kalau semua mentok, saya kira itu perlu. Tapi itu masih jauh, masih ada cara lain, yaitu kita turunkan dengan demokrasi dan konstitusi," kata Amien.

Usut punya usut, ternyata tantangan tersebut sebagai wujud Amien siap maju jadi calon presiden. Amien didorong PAN menjadi capres bersama tiga kandidat lainnya.


"Nah, Mbah Amien Rais ini, walaupun tua, ya nggak apa-apa. Begitu Mahathir jadi, saya jadi remaja lagi sekarang. Biarlah nanti rakyat yang buat penilaian," tutur Amien seusai menghadiri buka puasa di rumah dinas Ketum PAN Zulkifli Hasan, Jl Widya Chandra IV, Jakarta Selatan, Sabtu (9/6).

Jokowi ternyata tidak kebakaran jenggot menjawab tantangan Amien. Justru ia memuji Amien yang dinilainya mempunyai kapasitas untuk diusung menjadi capres. Pengalamannya dalam kancah politik juga tidak diragukan lagi.

"Ya saya kira sangat bagus. Karena kita tahu beliau seorang tokoh politik yang tidak diragukan lagi pengalamannya. Senioritas beliau dalam kancah politik nasional juga tidak diragukan," kata Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (12/6).

[Gambas:Video 20detik]



Jokowi juga menilai Amien memiliki rekam jejak yang baik. Tidak ada yang bisa diragukan dari sosok Amien.

Sementara itu, PAN berharap sikap Jokowi memuji Amien diikuti para pendukungnya. Sikap tersebut diharapkan menurunkan suhu politik. Namun menurut PAN, Amien tidak akan tersanjung mendengar pujian Jokowi.


"Bagaimana kira-kira Pak Amien mendengar pujian Presiden Jokowi? Menurut saya, Pak Amien akan biasa-biasa saja. Tidak akan tersanjung dan merasa puas. Justru akan lebih banyak mempersiapkan segala hal dalam menyongsong pilpres yang akan datang," kata Wasekjen PAN Saleh Partaonan Daulay.
(dkp/elz)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed