DetikNews
Selasa 12 Juni 2018, 12:10 WIB

Laporan Dari Tokyo

JK: 'Future of Asia' Tak Kalah Penting dengan Pertemuan Trump-Kim

Niken Purnamasari, Niken Purnamasari - detikNews
JK: Future of Asia Tak Kalah Penting dengan Pertemuan Trump-Kim Foto: Wapres JK jadi pembicara di konferensi The Future of Asia di Tokyo. (Niken-detikcom)
Tokyo - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menyinggung pertemuan antara Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan Pemimpin Korea Utara Kim Jong-Un saat menjadi pembicara di Konferensi Future of Asia. JK berharap pertemuan dua tokoh itu membawa berita besar bagi dunia.

"Hari ini, pada saat yang sama, pertemuan tingkat tinggi diadakan di Singapura antara Mr. Donald Trump dan Mr. Kim Jong Un, untuk mencari solusi untuk ketegangan yang berkepanjangan di Semenanjung Korea. Kami sangat berharap bahwa pertemuan ini akan berakhir dengan berita besar bagi Asia dan dunia," ujar JK di Tokyo, Jepang, Selasa (12/6/2018).
Menurut JK, konferensi Future of Asia yang berlangsung hari ini tidak kalah penting dengan pertemuan Trump dan Kim Jong-Un di Singapura. JK menyampaikan materi terkait bagaimana untuk mencapai kemakmuran dan stabilitas di Asia.

"Diskusi kami hari ini tentang "Menjaga Asia Terbuka - Bagaimana Mencapai Kemakmuran dan Stabilitas" tidak kalah penting dari pertemuan di Singapura," kata JK.

"Sejarah memberi tahu kita bahwa keterbukaan, stabilitas, dan kemakmuran adalah tiga kata kunci terpenting di balik kemajuan peradaban kita yang berkelanjutan. Sayangnya, ketiga kata kunci ini ditantang oleh pandangan alternatif dalam beberapa tahun terakhir," papar JK.


Selain itu, JK mengatakan stabilitas politik suatu negara dibutuhkan untuk menuju kemakmuran bangsa. Nilai-nilai seperti demokrasi demokratisasi, keterbukaan ekonomi, dan pengentasan kemiskinan juga perlu dibangkitkan kembali untuk mencapai stabilitas itu.

"Sementara kemakmuran berkontribusi lebih jauh terhadap stabilitas di negara seseorang dan di luar perbatasannya. Keyakinan akan keterbukaan dipertentangkan dengan pandangan-pandangan alternatif, yang dibangun di atas nilai-nilai yang berpandangan ke dalam dan mementingkan diri sendiri. Proteksionisme dan unilateralisme sedang meningkat," jelas JK.

Tonton video #TrumpKimSummit Bergema di Media Sosial:

[Gambas:Video 20detik]




(nkn/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed