detikNews
Selasa 12 Juni 2018, 08:13 WIB

Selamat Tinggal Mudik Jakarta-Banyumas 24 Jam! Kini Cukup 10 Jam

Haris Fadhil - detikNews
Selamat Tinggal Mudik Jakarta-Banyumas 24 Jam! Kini Cukup 10 Jam Flyover Klonengan (dok.pupr)
Banyumas - Pembangunan infrastruktur mulai dirasakan para pemudik. Jutaan orang yang mudik dari berbagai kota merasakan arus lalu lintas lebih lancar dibanding tahun sebelumnya.

"Kemarin mudik Jakarta-Banyumas 10 jam," kata seorang pemudik, Wawan, kepada detikcom, Selasa (12/6/2018).

Cerita Wawan ini berbanding terbalik dengan cerita mudik 8 tahun sebelumnya. Kala itu mudik Jakarta-Banyumas bisa ditempuh selama 24 jam.

"Waktu itu ngumpul di Jalan Veteran, Jakarta, bareng teman-teman SMA," ujar warga Banyumas lainnya, Andi.

Andi dengan 8 temannya mencarter bus travel menjelang magrib. Perjalanan tidak melalui Jalan Tol Cikampek karena kemacetan mengular. Sopir travel yang sudah hafal seluk-beluk jalur menyusuri jalan arteri di Bekasi. Menjelang tengah malam, mereka baru sampai di simpang Jomin, Cikampek.


Untuk melewati simpang Jomin, perlu waktu berjam-jam penuh kesabaran. Setelah bisa lepas dari Jomin, ribuan kendaraan menyusuri jalur tengah.

"Subuh baru sampai Kertajati, Kadipaten, Jawa Barat," tutur Andi.
Selamat Tinggal Mudik Jakarta-Banyumas 24 Jam! Kini Cukup 10 JamFlyover Kretek, Bumiayu (imam/detikcom)

Selepas subuh, perjalanan kembali berliku menyusuri jalur alternatif. Tantangan selanjutnya adalah melalui jalur alternatif Ketanggungan. Menjelang pukul 09.00 WIB, kendaraan baru bisa lepas dari Songgom.


Nah, dari Songgom ke ibu kota Banyumas, Purwokerto, dibutuhkan waktu seharian. Antrean panjang sepanjang jalur karena kecil, padat, dan banyak pasar tumpah serta perlintasan kereta api. Titik macet ada di perlintasan Songgom dan Bumiayu. Ribuan kendaraan berbaris pelan bersabar mencoba menembus macet sepanjang 90-an km itu. Tepat azan magrib atau 24 jam dari waktu berangkat, rombongan tiba di Alun-Alun Purwokerto.

Selamat Tinggal Mudik Jakarta-Banyumas 24 Jam! Kini Cukup 10 JamSimpang Jomin pada 2002. (Dikhy Sasra/detikcom)

Kini, cerita di atas tinggal romantisme kelabu. Pemudik dari Jakarta langsung masuk jalan tol dan keluar dari pintu tol Pejagan. Dari Pejagan menyusuri jalur Ketanggungan yang lebih lancar karena sudah dibangun flyover Songgom dan flyover Klonengan. Perjalanan di kawasan macet Bumiayu juga terpecah karena sudah dibangun flyover yang diresmikan pada 2017.


Video Pemudik Mulai Padati Terminal Merak

[Gambas:Video 20detik]


(asp/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com