detikNews
Selasa 05 Juni 2018, 12:02 WIB

Jokowi: Sudah Sepantasnya RI Jadi Rujukan Peradaban Islam Dunia

Niken Purnamasari - detikNews
Jokowi: Sudah Sepantasnya RI Jadi Rujukan Peradaban Islam Dunia Presiden Jokowi letakkan batu pertama pembangunan UIII di Depok (Niken Purnamasari/detikcom)
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan Indonesia sudah sepatutnya menjadi rujukan bagi peradaban Islam di dunia. Salah satu upaya untuk memantaskannya lewat pembangunan kampus Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) di Depok, Jawa Barat.

"Baik dari sisi desain, tata ruang, kampusnya, ini betul-betul kampus masa depan. Kita berharap UIII benar-benar jadi pusat kajian, penelitian peradaban Islam di negara kita Indonesia," ujar Jokowi saat meletakkan batu pertama di kampus UIII, Depok, Selasa (5/6/2018).



"Karena kita kenal sekarang ini di dunia sebagai negara besar, penduduk muslim terbesar di dunia. Sudah sewajarnya, sepantasnya, Indonesia jadi rujukan kemajuan peradaban Islam di dunia," lanjut Jokowi.

UIII dibangun di area seluas 142,5 hektare dengan anggaran Rp 3,5 triliun. Proyek pembangunan kampus akan berjalan hingga empat tahun.


Tonton juga 'Jokowi Letakkan Batu Pertama UIII di Depok':





Namun mulai 2019 mendatang, kampus tersebut sudah dapat digunakan untuk tiga program studi yakni Islamic Studies, Political Science and Education.

Nantinya secara keseluruhan, UIII akan memiliki tujuh fakultas, yakni: Kajian Islam (Islamic Studies), Ilmu Sosial (Social Sciences), Humaniora (Humanities), Pendidikan (Education), Ekonomi Islam (Islamic Economics and Finance), Sains (Sciences), serta Arsitektur dan Seni (Architecture and Fine Arts.


Tonton juga ketika presiden Jokowi resmikan tugu titik nol pusat peradaban Islam Nusantara:

[Gambas:Video 20detik]


(nkn/dnu)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com