DetikNews
Senin 28 Mei 2018, 16:20 WIB

Pendukung Ahok: Cuitan Dhani Selalu Ada Ujaran Kebencian

Yulida Medistiara - detikNews
Pendukung Ahok: Cuitan Dhani Selalu Ada Ujaran Kebencian Ahmad Dhani sebelum sidang ujaran kebencian di PN Jakarta Selatan, Senin (28/5/2018).
Jakarta - Saksi dari jaksa penuntut umum (JPU), Retno Hendri Astuti, menyebut akun Twitter Ahmad Dhani mengandung ujaran kebencian. Dia juga merasa tersinggung oleh cuitan Dhani yang mengatakan 'pendukung penista agama wajib diludahi'.

Awalnya, Retno mengaku melihat posting-an Dhani di akun Twitter-nya, @AHMADDHANIPRAST. Kemudian pengacara Dhani, Ali Lubis, menanyakan apakah benar akun tersebut milik Dhani karena bisa saja merupakan akun hoax.

"Dari mana Saudara yakin itu akun dia, sedangkan banyak akun abal-abal? Dari mana Anda yakin punya dia?" kata Ali Lubis kepada Retno dalam sidang Ahmad Dhani di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jl Ampera Raya, Jakarta Selatan, Senin (28/5/2018).

"Yakin, soalnya perkataan dia itu selalu kayak begitu," ujar Retno.

"Tahu dari mana?" tanya Ali.

"Selalu ada ujaran kebenciannya," jawab Retno.


Retno meyakini akun itu milik Dhani dari cara bicara di posting-annya. Ia membantah berasumsi karena sepengetahuannya akun tersebut memang milik Dhani.

"Ya yakin itu Twitter-nya dia," kata Retno.

"Apa yang buat yakin?" sambung Ali.

"Cara bicaranya. Dari hati, perasaan (dasar keyakinan)," ucap Retno.


Meski begitu, Retno menyebut tidak semua tweet Dhani mengandung ujaran kebencian. Serta tidak semua akun Twitter-nya membicarakan Ahok.

"Isi Twitter sampai 7 Maret-nya isinya tentang Ahok semua?" ucap Ali.

"Beda-beda," jawab Retno.

Retno juga mengaku tersinggung oleh cuitan Dhani yang mengatakan penista agama wajib diludahi. Karena itu, dia dan Jack Lapian, yang tergabung di BTP Network, melaporkan Dhani.

"Motivasi tersinggung saja karena pendukung Pak Ahok?" tanya Ali.

"Iya," pungkas Retno.

Dalam kasus ini, Dhani didakwa melakukan ujaran kebencian lewat akun Twitter. Cuitan Dhani, menurut jaksa, bisa menimbulkan rasa kebencian dan permusuhan.

Ada tiga cuitan yang diunggah di akun Twitter Ahmad Dhani, @AHMADDHANIPRAST. Cuitan ini diunggah admin Twitter Ahmad Dhani, Bimo.

Saksikan video Ahmad Dhani soal Kelanjutan Sidangnya di sini:

[Gambas:Video 20detik]


(yld/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed