DetikNews
Minggu 27 Mei 2018, 06:14 WIB

Kapal Dihantam Gelombang, Seorang Nelayan Hilang di Laut Pidie Jaya

Datuk Haris Molana - detikNews
Kapal Dihantam Gelombang, Seorang Nelayan Hilang di Laut Pidie Jaya Ilustrasi kapal nelayan di tengah laut. Foto: Robby Bernardi/detikcom
Pidie Jaya - Safuan (27), nelayan asal Mereudu, Pidie Jaya, Aceh dilaporkan hilang saat boat (kapal)-nya dihantam gelombang di sekitar laut Pidie Jaya. Saat kejadian, dia bersama seorang temannya sedang asyik memancing ikan.

"Nelayan tersebut hilang setelah boat-nya dihantam gelombang. Sampai sekarang, dia pun belum ditemukam oleh petugas," kata Komandan Pangkalan TNI AL (Lanal) Lhokseumawe, Kolonel Laut (P) M. Sjamsul Rizal dalam keterangannya, Minggu (27/5/2018).



Sjamsul menyebutkan kejadian itu berawal saat Safuan asal Desa Meuraksa, Mereudu ini bersama rekannya pergi melaut pada Sabtu (26/5), dengan tujuan memancing ikan dengan kapal atau sampan kecil di perairan Pidie Jaya.

Karena cuaca di laut terjadi angin kencang, mereka merapat ke kapal nelayan KM Beng Azi untuk ditarik dengan cara diikatkan di tali buritan kapal KM Beng Azi. Nahasnya, sampan kecil yang mereka tumpangi malah terkena gelombang sehingga korban (Safuan) terjatuh ke laut dan digulung ombak.

"Sampai Sabtu sore, pencarian dilakukan oleh tim gabungan bersama kapal-kapal nelayan setempat namun tidak membuahkan hasil. Minggu pagi, petugas gabungan akan melakukan pencarian kembali terhadap korban termasuk tim Basarnas dari Banda Aceh yang tengah dalam perjalanan," sebut Sjamsul.

Dia menyebutkan, pencarian terakhir yang dilakukan sudah sejauh 25 hingga 30 mil dari bibir pantai Pidie Jaya.

"Sejumlah kapal-kapal nelayan yang ada di laut terus melakukan pencarian terhadap korban. Kita juga terus mencari dan berkoordinasi dengan Basarnas, termasuk Tim Basarnas dari Banda Aceh," tambah Sjamsul.
(bag/bag)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed