DetikNews
Jumat 25 Mei 2018, 08:30 WIB

Beraksi di 14 TKP, Perampok Bersenjata di Minimarket Ditangkap

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Beraksi di 14 TKP, Perampok Bersenjata di Minimarket Ditangkap Foto: Bagus Kurniawan/detikcom
Jakarta - Tim Subdit Resmob Ditkrimum Polda Metro Jaya menangkap empat orang yang tergabung dalam sindikat perampok bersenjata yang menyasar minimarket. Keempat pelaku diketahui telah beraksi sebanyak 14 kali.

Wadirkrimum Polda Metro Jaya AKBP Ade Ary Syam mengatakan keempat orang pelaku tersebut berinisial A, I, K dan R. Mereka berbagi peran dalam menjalankan aksi perampokan tersebut.



"Sasaran mereka minimarket apapun yang buka 24 jam karena biasanya menggunakan waktu malam hari," kata Ade di Jakarta, Jumat (25/5/2018).

Ade menerangkan kasus itu terungkap saat ada laporan soal perampokan di minimarket Utan Kayu, Jakarta Utara, Jumat (18/5) lalu. Saat itu tersangka A berpura-pura akan membeli barang di minimarket tersebut.

Setelah melihat kondisi sepi, A memanggil para pelaku lain. Para rekannya itu pun langsung masuk ke minimarket dan bekerja sesuai perannya masing-masing.

"Ketika keadaan toko sepi pengunjung tersangka A memanggil rekannya yang lain yang sudah bersiap di luar," ujar Ade.


Salah seorang pelaku yaitu K menodongkan senjata jenis airsoft gun kepada karyawan minimarket. Dia juga memerintahkan untuk membuka laci dan brankas.

"Setelah laci dan brankas terbuka, kemudian tersangka I mengambil uang yang disimpan di dalam brankas," ujar dia.

Setelah uang dibawa, para pelaku langsung melarikan diri. Kasus itu pun langsung dilaporkan kepada polisi.

Polisi akhirnya berhasil menangkap pelaku pada Selasa (22/5) lalu. Dari keterangan pelaku, mereka biasa beraksi di Jakarta, Bekasi, Depok, dan Tangerang.

"Menurut keterangan mereka, hasil kejahatan dari 14 lokasi sekitar Rp 400 juta," papar Ade.

Dalam kasus ini, polisi menyita sejumlah barang bukti berupa tas, golok, airsoft gun, ponsel, dan motor. Atas perbuatannya, para pelaku dijerat dengan pasal 365 KUHP dengan ancaman hukuman penjara selama-lamanya 12 tahun.
(mei/aan)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed