DetikNews
Jumat 25 Mei 2018, 07:03 WIB

Kata Komnas Perempuan Soal Viral Emak-emak Terobos Lampu Merah

Rivki - detikNews
Kata Komnas Perempuan Soal Viral Emak-emak Terobos Lampu Merah Magdalena Sitorus (Foto: Ari Saputra)
Jakarta - Aksi emak-emak mengendarai motor dan menerobos lampu merah di Gandaria, Jakarta Selatan, viral di media sosial. Menurut Komnas Perempuan, para netizen diminta tak perlu berlebihan menanggapi aksi itu.

"Berkaitan dengan lalu lintas, mau laki-laki atau perempuan harus ikuti aturan. Jangan lihat perempuan yang melanggar reaksinya lebih kencang," ujar Komisioner Komnas Perempuan, Magdalena Sitorus, saat dihubungi detikcom, Jumat (25/5/2018).



Magdalena mengatakan aturan lalu lintas diciptakan tidak berdasarkan gender. Dia keberatan dengan tingkah laku netizen yang bereaksi lebih kencang jika ada perempuan terutama emak-emak yang melanggar lalu lintas.

"Artinya kepatuhan dalam berlalu lintas tidak berdasarkan jenis kelamin. Laki-laki perempuan harus mematuhi," ungkapnya.

Magdalena berharap kearifan para netizen yang kerap komentar pedas terhadap perempuan yang melanggar aturan lalu lintas.

"Jangan dijadikan seolah-olah masalah gender. Ini masalah berlalu lintas harus dipatuhi. Imbauan saya pria dan perempuan ya wajib mematuhi," jelasnya.



Aksi emak-emak mengendarai motor dan menerobos lampu merah di Gandaria, Jakarta Selatan, rupanya bikin ngeri pemotor lain. Sebab, apa yang dilakukan emak-emak itu bisa membahayakan dirinya dan orang lain.

Cerita itu dibagikan oleh si perekam yang juga pemotor, Wira Satria. Saat itu, Wira bersama teman-temannya tengah berhenti menunggu lampu lalu lintas berganti hijau.

"Pada nggak ngeh awalnya. Terus pas dia di depan, baru teman saya yang pakai motor biru nunjuk-nunjuk gitu," ujar Wira kepada detikcom, Kamis (24/5/2018).



Saksikan juga video aksi emak berkonde yang meliuk-liuk terobos macet di Jalan Soekarno Hatta berikut ini:

[Gambas:Video 20detik]


(rvk/aan)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed