detikNews
Selasa 22 Mei 2018, 14:39 WIB

Motivasi Mahasiswa, Zulkifli Hasan: Belajarlah dari Agus Salim

Michelle de Jonker - detikNews
Motivasi Mahasiswa, Zulkifli Hasan: Belajarlah dari Agus Salim Foto: Dok MPR
Manado - Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan menjadi salah satu motivator dalam seminar yang bertemakan Spirit of Indonesia di Universitas Sam Ratulangi, Manado. Zulkifli mampu menarik antusiasme 500 mahasiswa yang hadir dengan mencontohkan sosok Agus Salim.

"Pesan saya, anak muda belajarlah dari sosok Agus Salim. Prinsip hidupnya yaitu 'memimpin adalah jalan menderita'. Bukan memimpin untuk menimbun harta," ungkap Zulkifli di gedung direktorat Kantor Pusat Unsrat lantai IV, Selasa (22/5/2018).

Zulkifli menggelar roadshow seminar untuk memperingati 20 Tahun Reformasi menyebut kunci kemajuan ilmu harus dilengkapi dengan karakter, integritas dan nilai-nilai. Menurut Zulkifli, Indonesia punya contoh, yakni sosok Agus Salim.

"Agus Salim menguasai hampir 12 bahasa. Ia peletak dasar-dasar diplomasi Indonesia. Tapi, ia dikenal sebagai pemimpin yang sederhana, lurus dan anti korupsi," ujarnya.

Menurut Zulkifli masih banyak yang harus diselesaikan dalam agenda reformasi. Antara lain kemiskinan, kesenjangan dan korupsi.

Menariknya, Zulkifli menjadi motivator pertama yang mampu membuat mahasiswa berinisiatif untuk melangkah maju ke panggung untuk diberikan pertanyaan mengenai daerah asal mereka.

Ia menekankan bahwa kunci sukses adalah inisiatif dan berani melangkah. Baginya pintar saja tidak cukup tanpa adanya inisiatif.

Roadshow bertemu aktivis mahasiswa digelar di beberapa kampus di Sulawesi Utara, di antaranya Politeknik Kesehatan Manado dan STIE Muhammadiyah. Roadshow ini juga dihadiri oleh seniman dan anggota DPR RI 2009-2014 Tubagus Dedy, anggota DPD/MPR RI Benny Ramdani, anggota DPR RI Drs. Akbar Faisal MSi.

Hadir juga Ketua KPK 2011-2015 Dr Abraham Samad SH MH, dan CEO Kami Indonesia sekaligus Anggota MPR RI Muh. Asri Anas.
(ega/ega)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com