DetikNews
Senin 21 Mei 2018, 23:12 WIB

AHY: Kalau Mau Berpolitik, Mundur dari TNI

Indra Komara - detikNews
AHY: Kalau Mau Berpolitik, Mundur dari TNI Agus Harimurti Yudhoyono (Kanavino Ahmad Rizqo/detikcom)
Jakarta -

Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengingatkan kepada instansi pemerintahan, termasuk TNI, agar netral pada tahun politik. AHY mencontohkan dirinya yang melepas jabatannya di TNI untuk berpolitik.

"Saya juga berkaca pada apa yang terjadi pada saya saat pemilu gubernur lalu. Saya harus rela melepaskan seragam kebanggaan saya. Saya tahu, kalau menang atau kalah, saya tidak bisa kembali. Tapi ini merupakan komitmen TNI untuk menjaga agenda reformasi. Oleh karena itu, kalau ingin berpolitik, mundur dari TNI. Kalau masih mau jadi TNI, jangan berpolitik," ujar AHY di Hotel Sahid, Jakarta, Senin (21/5/2018).

AHY sempat mengenang masa saat dirinya masih menjadi anggota TNI berada di barak pada saat Mei 1998. AHY mengatakan sempat merasa shock ketika masyarakat membenci anggota TNI.

"Saya saat itu di Akmil, saya saksikan bersama-sama di TV di Barak. Nahan napas kita semua karena terjadi hal yang fundamental, dan mengubah semua yang kita kenal dengan ABRI. Kami sempat berpikir, jangan-jangan kita salah jurusan, ketika melihat masyarakat yang benci dengan ABRI dulu," kenangnya.

Kini AHY sudah terjun ke kancah politik. Dia mengatakan sudah berkeliling Indonesia untuk menyerap aspirasi masyarakat.

"Saya habis berkeliling Indonesia. Kepada mereka, saya ingin dengar dan serap (aspirasi) mereka. Ada tiga isu utama, yaitu ekonomi; hukum, keadilan, serta politik; dan terakhir isu ke mana serangkaian kasus teroris menodai kehidupan kita. Oleh karena itu, kita harus bisa menjaga persatuan dan kesatuan bangsa kita," terang AHY.

"Kepada generasi milenial, saya mengajak, Indonesia di tangan mereka. Hanya yang bertangan baik yang bisa membantu Indonesia. Saatnya kita terus berkolaborasi dan bersinergi," lanjutnya.




(idn/fdn)
ahy
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed