detikNews
Sabtu 19 Mei 2018, 12:50 WIB

KPK Ungkap Bagi-bagi Proyek Bupati Kebumen Dimulai Saat Pilkada

Nur Indah Fatmawati - detikNews
KPK Ungkap Bagi-bagi Proyek Bupati Kebumen Dimulai Saat Pilkada Bupati Kebumen Yahya Fuad (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Perusahaan milik Bupati Kebumen nonaktif Mohammad Yahya Fuad, PT Putra Ramadhan (Tradha), menggunakan 'bendera' perusahaan lain untuk memenangi proyek. KPK mengungkap proses bagi-bagi proyek itu terjadi sejak proses Pilkada Kebumen 2016.

"Pembicaraan tentang proyek-proyek tersebut diduga telah dilakukan sejak MYF (Mohammad Yahya Fuad) disebut sebagai pemenang pilkada versi quick count," ungkap Kebiro Humas KPK Febri Diansyah kepada wartawan, Sabtu (19/5/2018).


Menurut Febri, pertemuan itu juga melibatkan tim sukses. Ada pembagian peran juga yang dibicarakan di sana.

"Pertemuan dilakukan dengan tim sukses dan kemudian peran masing-masing dibagi dalam pengelolaan proyek-proyek di Kebumen," kata dia.

Dalam pilkada 2 tahun lalu, Yahya beserta pasangannya, Yazid Mahfudz, didukung oleh sejumlah parpol, antara lain PKB, Gerindra, PAN, Demokrat, dan PPP. Febri juga mengungkap, sejak penyidikan, 20 saksi diagendakan diperiksa, salah satunya Ketua DPC PKB Kebumen.


"Sejak penyidikan dilakukan 6 April 2018, sekitar 20 orang saksi telah diagendakan pemeriksaannya," tutur Febri.

Berikut ini latar saksi tersebut:
- Karyawan swasta, termasuk sejumlah staf PT Tradha
- Komisaris, mantan komisaris, dan pemilik saham PT Tradha
- Notaris
- Ketua PKB Kabupaten Kebumen
- Ketua Gapensi Kabupaten Kebumen

Penetapan tersangka PT Tradha merupakan pengembangan penyidikan atas Bupati Kebumen nonaktif Mohammad Yahya Fuad. Yahya, selaku pengendali Tradha, turut serta dalam pengadaan proyek di Pemkab Kebumen dengan meminjam 'bendera' 5 perusahaan lain untuk menyamarkan identitas. Tujuannya memenangi 8 proyek di Kabupaten Kebumen senilai Rp 51 miliar.

PT Tradha juga disebut menampung uang dari para kontraktor senilai Rp 3 miliar yang disamarkan sebagai utang. Uang-uang itu merupakan commitment fee atas proyek-proyek di Pemkab Kebumen.
(aan/aan)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed