DetikNews
Kamis 17 Mei 2018, 09:16 WIB

Anggota Komisi I Dukung Penanggulangan Teroris Libatkan TNI

Ahmad Bil Wahid - detikNews
Anggota Komisi I Dukung Penanggulangan Teroris Libatkan TNI Foto: Dok. Polri
Jakarta - TNI tengah menyiapkan Komando Operasi Khusus Gabungan (Koopssusgab) TNI untuk menanggulangi terorisme. Selain itu, Polri telah menggandeng pasukan elite Angkatan Darat, Kopassus, dalam operasi penangkapan teroris.

Langkah itu mendapat dukungan dari anggota Komisi I DPR RI. Seluruh elemen yang punya kemampuan dalam memberantas teror dianggap perlu dilibatkan.



"Saya menyambut baik kebijakan pembentukan Koopsusgab yang baru saja diumumkan. Tentunya semua elemen yang memiliki kemampuan untuk memberantas teror harus dilibatkan dalam melawan kejahatan luar biasa ini," kata anggota Komisi II DPR RI, Charles Honoris, kepada detikcom, Rabu (16/5/2018).

Selama ini tugas penanggulangan teror menjadi pekerjaan utama Densus 88 Antiteror milik Polri. Meski begitu, Charles menilai keterlibatan TNI tak akan menyalahi aturan.



"Saya memiliki keyakinan bahwa kebijakan ini tidak akan keluar dari koridor penegakan hukum dan tidak menabrak amanat reformasi. Supremasi sipil harus dikedepankan," ujarnya.

Dia menyebut hal itu sedang dibahas dalam revisi UU Terorisme. Nantinya, akan ada peraturan presiden (perpres) yang memberi aturan secara teknis.

"Dalam draf revisi RUU Terorisme yang sedang dibahas di DPR, pelibatan TNI akan diatur lebih teknis dalam bentuk perpres. Pembentukan dan operasional Koopsusgab tentunya akan diatur lebih detail dalam perpres tersebut," imbuhnya.



Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko sebelumnya menerangkan Presiden Joko Widodo merestui pembentukan Komando Operasi Khusus Gabungan (Koopssusgab) TNI untuk menanggulangi terorisme. Koopssusgab akan berada di bawah komando Panglima TNI.

"Untuk komando operasi khusus gabungan TNI, sudah direstui oleh presiden dan diresmikan kembali oleh Panglima TNI," ujar Moeldoko di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Rabu (16/5).


Prabowo Minta Pemerintah Naikkan Anggaran TNI
(abw/jor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed