DetikNews
Rabu 16 Mei 2018, 20:23 WIB

Jual Meterai Palsu via Online, Pria di Pademangan Ditangkap

Eva Savitri - detikNews
Jual Meterai Palsu via Online, Pria di Pademangan Ditangkap Meterai palsu (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta - Syafuan NS ditangkap polisi karena menjual meterai palsu. Syafuan menjual meterai palsu tersebut dengan harga murah melalui situs jual-beli online.

Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok AKBP Eko Hadi Santoso mengatakan pihaknya menangkap Syafuan setelah mendapatkan informasi dari masyarakat terkait penjualan meterai palsu ini.

"Setelah mendapatkan informasi tersebut, kami mencoba melakukan undercorver buy dan ternyata setelah kota cek barang (meterai) itu memang palsu," kata Eko dalam keterangannya kepada detikcom, Rabu (16/5/2018).
Sementara itu, Kasat Reskrim Polres Pelabuhan Tanjung Priok AKP Faruk Rozi mengatakan pihaknya mencurigai penjualan meterai karena harganya yang murah.

"Setahu kami, kan meterai itu satu harga se-Indonesia. Kalau jual meterai murah, itu kan pasti kita curiga," ujar Faruk.

Semula, polisi membeli meterai kepada pelaku dalam jumlah yang tidak banyak. Untuk memastikan keaslian meterai itu sebelum menangkap pelaku, polisi mengeceknya ke kantor pos.
Pihak kantor pos menyatakan meterai tersebut palsu. Polisi kemudian melakukan undercover buy dengan jumlah banyak kepada pelaku, sehingga dilakukan transaksi di Jalan Gunung Sahari RT 004 RW 001, Pademangan, Jakarta Utara, pada pukul 14.30 WIB.

"Kita amankan yang bersangkutan berikut barang buktinya," ujarnya.

Dari tangan pelaku, polisi menyita sejumlah barang bukti, 46 lembar diduga meterai palsu atau total 2.300 lembar, 1 unit ponsel, dan 1 unit motor sepeda motor Byson dengan nopol B-6633-ZCS.
(mei/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed