DetikNews
Minggu 13 Mei 2018, 16:44 WIB

Heroik, Bayu Hadang Pengebom Sebelum Bom Gereja Meledak

Zaenal Effendi - detikNews
Heroik, Bayu Hadang Pengebom Sebelum Bom Gereja Meledak Rumah duka Aloysius Bayu Rendra Wardhana yang sempat menghadang pengebom (Foto: Zaenal Effendi/detikcom)
Surabaya - Aloysius Bayu Rendra Wardhana termasuk salah satu dari korban tewas akibat ledakan bom di Gereja Santa Maria Tak Bercela, Surabaya. Dari sejumlah kesaksian, Bayu sangat berani mencegah agar tidak banyak jatuh korban bom. Ia nekat menghalangi terduga bomber yang mengendarai sepeda motor berusaha masuk ke halaman gereja.

"Informasinya seperti itu (menghadang terduga pengebom)," kata ayah Bayu, Siswanto, ketika ditemui di rumah duka, Jalan Gubeng Kertajaya I Surabaya, Jawa Timur, Minggu (13/5/2018).

Saat ditunjukkan rekaman CCTV yang beredar, Siswanto meyakini anaknya menjadi korban. Namun, Siswanto masih belum banyak bicara karena menunggu jenazah anaknya.

"Dari kaos serta posturnya Bayu. Saya nunggu jenazah anak saya dulu," kata Siswanto.

Sementara itu, seorang teman Bayu bernama Adi juga mengaku mengenal Bayu dari rekaman CCTV itu. Menurutnya, Bayu sempat mendorong terduga bomber itu.

"Itu memang Bayu. Terlihat dia menghadang dan sempat mendorong dan akhirnya meledak," kata Adi yang mengenal korban 5 tahun lebih.

Adi meyakini Bayu menjadi korban dari sosok tubuh dan kaos berkerah warna merah yang dikenakan. "Saya kroscek ke umat lain mantan pengurus muda mudi Katolik, dia adalah Bayu," ujarnya.


Tonton juga kesaksian ledakan di Gereja Santa Maria Tak Bercela:

[Gambas:Video 20detik]


(dhn/iy)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed