detikNews
Minggu 29 April 2018, 01:32 WIB

Kisah Haru Polwan Ijab Kabul Lewat Video Call

Audrey Santoso - detikNews
Kisah Haru Polwan Ijab Kabul Lewat Video Call Briptu Nova menjalani prosesi ijab kabul lewat video call karena harus mengikuti seleksi sebagai Polisi PBB (Foto: Dok. Istimewa)
Jakarta - Seorang anggota polwan terpaksa menjalani prosesi ijab kabul lewat video call. Kisah haru ini dialami Briptu Nova yang merupakan anggota Polda Kalimantan Barat. Bagaimana ceritanya?

Nova tengah menjalani tes seleksi untuk bergabung sebagai United Nation Police (Polisi PBB) di Puslat Multi Fungsi Polri Cikeas, Jawa Barat. Pada Sabtu (28/4/2018), Nova mesti mengikuti tes mengemudi.

Kegiatan ini bertepatan dengan prosesi akad nikah dan resepsi pernikahan Nova di Pontianak, Kalbar. Kepala Biro Misi Internasional, Divisi Hubungan Internasional Polri, Brigjen Krishna Murti, mengatakan hal ini di luar prediksi Nova.

Waktu prosesi akad nikah dan resepsi Briptu Nova berbenturan dengan waktu seleksi untuk menjadi Polisi PBBWaktu prosesi akad nikah dan resepsi Briptu Nova berbenturan dengan waktu seleksi untuk menjadi Polisi PBB (Foto: Dok. Istimewa)

"Mungkin dia nggak expected, jadi sistemnya sistem gugur. Yang menguji kan langsung dari PBB. Mungkin dia nggak duga akan lolos-lolos terus. Ternyata dia lolos sampai hari ini," kata Krishna saat dihubungi detikcom, Sabtu (28/4/2018) malam.

Dia mengatakan Nova sebetulnya sudah laporan akan menjalani prosesi pernikahan pada Sabtu (28/4) ini. Tapi di sisi lain, Nova ingin menjadi pasukan PBB seiring lolos dari tahap seleksi yang dilakukan.

"Kemarin itu dia sudah kita kabarkan, udah tinggalin (tes). Akad dulu. PBB kan bisa kapan saja. Dia tetap 'nggak, saya ingin jadi pasukan PBB'. Jadi dia lanjut (tes)," ujar Khrisna.

Akhirnya, Nova pun mengikuti prosesi ijab kabul lewat video call. Prosesi ini berlangsung haru dengan disaksikan rekannya.

Istri Kapolri, Tri Suswati, saat video call dengan Briptu NovaIstri Kapolri, Tri Suswati, saat video call dengan Briptu Nova (Foto: Dok. Istimewa)

Setelah itu, Polri meminta izin kepada PBB agar Nova dapat ke Pontianak untuk mengikuti prosesi resepsi pernikahannya yang digelar pada pukul 17.00 WIB. Nova pun mendapatkan izin. Dia akan kembali ke Jakarta untuk mengikuti ujian menembak di Sepolwan Ciputat pada Minggu (29/4).

Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan istri, Tri Suswati, pun mengucapkan selamat atas pernikahan Nova. Nova sempat video call dengan Tri Suswati.

"Bu Tito sempat ucapkan selamat juga sebagai Ibu Asuh Polwan, teleconference juga sama dia," ujar Khrisna.
(jbr/zak)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com