detikNews
Sabtu 28 April 2018, 22:43 WIB

Petaka Ledakan Tabung Gas di MCK Kampung Melayu

Haris Fadhil - detikNews
Petaka Ledakan Tabung Gas di MCK Kampung Melayu MCK lokasi tabung gas meledak (Foto: Yuni Ayu Amida/detikcom)
Jakarta - Ledakan tabung gas 3 kg terjadi di Kampung Pulo, RT 12/RW 02, Kelurahan Kampung Melayu, Jatinegara, Jakarta Timur. Akibat ledakan itu, 8 orang mengalami luka bakar hingga harus dilarikan ke rumah sakit Hermina Jatinegara.

Kejadian bermula saat salah seorang warga membeli tabung gas, namun setelah dipasang ke kompor, api tak bisa menyala. Selain itu, terdengar suara mendesis dari tabung.

"Awal mula kejadian saksi 1 (Astrida Ermia) membeli tabung gas 3 kg lalu dipasang, namun tidak mengeluarkan api di kompor. Selanjutnya dibuka selang gasnya kemudian keluar suara mendesis dari tabung tersebut," kata Kapolsek Jatinegara, Kompol Supadi dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (28/4/2018).


Melihat kejadian itu, salah satu warga bernama Abdulah Amin panik dan membawa tabung itu ke MCK umum. Ia merendamnya ke bak mandi, namun setelah direndam tabung itu malah meledak.

"Karena panik oleh korban Abdulah Amin dibawa ke MCK umum kemudian direndam di bak mandi namun tiba-tiba meledak. Mengingat pada saat itu di WC umum banyak orang, maka banyak yang menjadi korban ledakan di sekitar lokasi. Akibat dari ledakan tersebut melukai korban sebanyak 8 orang, namun 1 orang tidak mau dibawa ke rumah sakit karena luka ringan," ujar Supadi.


Selain itu, Ketua RT 12/RW 02 Kampung Melayu, Jatinegara, Cipto Suprianto menyatakan ada 12 pintu di MCK umum tersebut. Ia menduga ada warga yang buang hajat sambil merokok hingga memicu ledakan.

"WC umum ada 12 pintu. Di situ terjadi ledakan. Mungkin itu ada orang buang hajat sambil ngerokok. Tapi itu kemungkinan, karena nggak mungkin ada asap kalau nggak ada api," ucap Cipto.


Para korban tengah dirawat di RS Hermina. Berikut identitas para korban:

1. Bapak Abdulah Amin luka bakar pada tangan kiri, tangan kanan, kaki kiri, kaki kanan dan muka luka bakar;
2. Ibu Cici luka bakar pada tangan kanan, tangan kiri, kaki kanan-kiri serta muka;
3. Bapak Dedi luka bakar pada sekujur tubuh;
4. Ibu Hera luka bakar pada kaki kanan-kiri, tangan kanan-kiri serta muka dan pinggang;
5. Ratu usia 5 tahun luka pada kaki, tangan dan punggung;
6. Ibu Pujiyati kaki kanan dan kiri serta tangan kanan, sudah boleh pulang;
7. Bapak Endang sekujur tubuh 80 persen luka bakar;
8. Bapak Sarmidi tidak dibawa ke rumah sakit hanya luka di kaki.

Saat ini, MCK umum lokasi tabung gas meledak tersebut telah dipasangi garis polisi. Warga sekitar mengaku masih enggan mendekati MCK itu karena trauma dengan ledakan pagi tadi.
(haf/hri)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com