DetikNews
Selasa 24 April 2018, 11:20 WIB

Bantah Tak Bisa Rawat Kapal, Dishub DKI: Kita Docking Tiap Tahun

Mochamad Zhacky - detikNews
Bantah Tak Bisa Rawat Kapal, Dishub DKI: Kita Docking Tiap Tahun Foto: dok. Istimewa
Jakarta - Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Sigit Wijatmoko membantah tudingan pihaknya tak memiliki kompetensi merawat kapal. Dia memastikan perawatan kapal milik Dishub dilakukan di galangan yang sudah memiliki sertifikasi.

"Perawatan kapal sesuai aturan dilaksanakan oleh galangan. Aturannya bahwa setiap kapal penumpang minimal dalam 1 tahun harus laksanakan docking. Docking di galangan yang sudah tesertifikasi," kata Sigit saat dimintai tanggapan, Selasa (24/4/2018).


Jika dilihat dari sisi anggaran, Sigit meyakini tidak ada masalah. Karena setiap tahun Dishub DKI menyediakan anggaran untuk perawatan kapal selalu dialokasikan.

"Dalam APBD setiap tahun ada biaya docking atau pemeliharaan kapal Dishub," terangnya.

Terkait dengan terbakarnya kapal Dishub beberapa hari lalu, Sigit menuturkan belum diketahui penyebabnya. Menurut dia, hingga kini investigasi masih berlangsung.


"Penyebab kecelakaan masih diinvestigasi. Hari ini Puslabfor juga masih bekerja audit kapalnya," ujar Sigit.

Anggota Komisi B DPRD DKI Subandi menilai kecelakaan kapal Dishub DKI di Kepulauan Seribu akibat kelalaian. Dishub DKI dinilai tidak punya kompetensi merawat kapal.

"Yang pertama memang Dishub tidak punya kompetensi dalam merawat kapal-kapal milik Dishub maupun kapal-kapal yang ditempatkan di Dishub," kata Subandi saat dihubungi pagi tadi.

[Gambas:Video 20detik]


(zak/tfq)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed