DetikNews
Senin 23 April 2018, 07:55 WIB

Pantau Ganjil-Genap Jam 06.00 WIB, BPTJ: Coba Dulu 2 Minggu

Samsdhuha Wildansyah - detikNews
Pantau Ganjil-Genap Jam 06.00 WIB, BPTJ: Coba Dulu 2 Minggu Foto: Samsdhuha Wildansyah/detikcom
Jakarta - Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Bambang Prihartono meninjau langsung hari pertama uji coba diberlakukannya ganjil-genap di di Jakarta yang dimulai pukul 06.00 WIB. Bambang mengatakan, uji coba penerapan ini akan berlangsung dua minggu dan tidak ada penilangan selama uji coba itu.

"Uji coba di sini (Jl Sudirman - Thamrin) kita coba dua minggu, ini bagian dari sosialisasi," kata Bambang kepada wartawan di Bundaran HI, Jl Jend Sudirman, Jakarta Pusat, (23/4/2018).

"Setelah itu baru kita implementasikan. Selama sosilaisasi, selama uji coba tidak ada penindakan-penindakan," sambungnya.

Bambang mengatakan, uji coba ini juga ditujukan untuk kelancaran pelaksanakan Asian Games pada Agustus mendatang. Ia mengatakan, BPTJ memiliki konsep untuk mengatur lalu lintas di seputaran wilayah Jakarta menjelang dan saat Asian Games berlangsung.

"Kita punya konsep bahwa nanti pada bulan Juni sudah selesai konsep model kita bagiamana merekayasa di Jakarta dan Jabodetabek area, sehingga pada bulan Juli kita sudah lakukan uji coba lagi bagaimana kita menangani, menyongsong adanya Asian Games nanti. Dan bulan Agustus awal nanti kita akan implementasikan kebijakan tersebut," kata Bambang.

"Sehingga pada saat event Asian Games nanti masyarakat akan terbiasa mengikuti aturan-aturan yang kita terapkan selama Asian Games," ungkapnya.

Bambang juga mengatakan kebijakan ini nantinya akan dievaluasi lagi. Jika kebijakan ini terpantau efektif maka akan diteruskan setelah Asian Games. Namun jika dinilai tidak efektif maka kebijakan yang lama yang akan diterapkan kembali.

Bambang sendiri tiba, memantau di Jl Sudirman tepatnya di Bundaran HI pagi ini. Terpantau sekitar pukul 06.00 WIB ia bersama Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto sudah berada di lokasi.
(jor/jor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed