DetikNews
Selasa 17 April 2018, 20:29 WIB

Mengaku Rugi Rp 518 M, Mitra Abu Tours Lapor Polisi

Ibnu Munsir - detikNews
Mengaku Rugi Rp 518 M, Mitra Abu Tours Lapor Polisi Bos Abu Tours Hamzah Mamba kembali dipolisikan. (Foto: dok. Istimewa)
Makassar - Perkumpulan Agen atau Mitra Abu Tours (Permato) melaporkan bos Abu Tours Hamzah Mamba ke Polda Sulawesi Selatan. Permato mengklaim ada 41.188 jemaah Abu Tours dari 361 agen yang tidak jadi berangkat umrah hingga menimbulkan nilai kerugian Rp 518 miliar.

"Kami laporkan pihak bos Abu Tours terkait penipuan dan pencucian uang. Banyak bilang agen juga bagian Abu Tours dan mereka bukan bagian Abu Tours, dia juga korban," kata Muhammad Amin, yang mengaku sebagai kuasa hukum Permato, saat ditemui di kantornya, Jalan Pengayoman, Makassar, Sulsel, Selasa (17/4/2018).


Meski demikian, Amin menyebut jemaah masih berharap dapat berangkat umrah. Jemaah, disebut Amin, telah menyetorkan uang dengan kisaran Rp 14-17 juta pada 2016-2017 dengan janji berangkat umrah pada 2018.

"Ribuan jemaah ini masih sangat berharap bisa diberangkatkan oleh pihak Abu Tours, semoga bisa diberangkatkan," ucap Amin.


"Sudah dia setorkan uang ke pihak Abu Tours pada 2016 antara Rp 14 juta hingga Rp 17 juta, namun hingga tahun ini belum berangkat," imbuh Amin.

Amin menyebut jemaah itu sebagian besar berasal dari Sulsel. Amin mengatakan ada pula yang berasal dari Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, dan Papua.
(dhn/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed