DetikNews
Selasa 17 April 2018, 16:33 WIB

200 Advokat ACTA Dikerahkan Bela Amien Rais soal Partai Setan

Indra Komara - detikNews
200 Advokat ACTA Dikerahkan Bela Amien Rais soal Partai Setan Habiburokhman menyebut ACTA akan mengerahkan 200 advokat untuk membela Amien Rais yang dipolisikan karena ucapan soal 'partai Allah' dan 'partai setan'. (Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta - Advokat Cinta Tanah Air (ACTA) menyiapkan 200 advokat untuk membela Amien Rais, yang dipolisikan terkait ucapannya yang mendikotomikan 'partai Allah' dan 'partai setan'. Menurut Ketua Dewan Pembina ACTA Habiburokhman, ucapan Amien tidak menyinggung kelompok tertentu.

"Dari ACTA, ada 200 sekian orang ya, tapi kan kita nggak hanya ACTA, jadi berkoalisi dengan teman-teman advokat lain. Mungkin bisa mencapai 400-500 orang advokat untuk bantu Pak Amien Rais dan Rocky Gerung," kata Habiburokhman dalam konferensi pers di Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (17/4/2018).


Habiburokhman menyebut Amien sebagai tokoh bangsa yang harus dibela. Dia menilai apa yang disampaikan Amien seharusnya dikaji, bukan dilaporkan ke polisi.

"Khusus Pak Amien Rais, kita tahu beliau itu adalah tokoh bangsa, guru bangsa, ulama, sekaligus pakar politik, profesor politik. Tentu harus kita jaga," ujar Habiburokhman.

"Dan yang disampaikan beliau, saya pikir dikaji dengan jernih, nggak ada sama sekali menyinggung kelompok mana pun. Itu adalah pernyataan umum normatif, yang seharusnya bisa kita jadikan bahan introspeksi bersama," imbuhnya.


Dia juga menyebut polisi seharusnya menolak laporan yang ditujukan untuk Amien serta Rocky Gerung. Menurutnya, tidak ada unsur pidana di balik ucapan Amien.

"Kalau Pak Amien Rais dan Rocky Gerung, pidananya di mana? Itu sulit sekali dicari. Jadi sudah seharusnya laporannya ditolak sejak awal. Kami baca semua statement-nya, dipelajari teliti, kesimpulan kita, ini sama sekali bukan pidana," kata Habiburokhman.

Amien dilaporkan Cyber Indonesia dengan tuduhan ujaran kebencian ke Polda Metro Jaya. Laporan itu berkaitan dengan ucapan Amien soal 'partai Allah' dan 'partai setan'.

[Gambas:Video 20detik]


(idn/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed