DetikNews
Selasa 17 April 2018, 11:30 WIB

Bareskrim-Bea Cukai Patroli di Perairan Riau, Cegah Narkoba Masuk

Audrey Santoso - detikNews
Bareskrim-Bea Cukai Patroli di Perairan Riau, Cegah Narkoba Masuk Kapal Da Wei No 13 di Kepulauan Meranti Riau (Foto: dok. Istimewa)
Riau - Bareskrim Polri dan Bea-Cukai menggelar patroli bersama di perairan Riau untuk mencegah masuknya narkotika. Salah satu yang menjadi fokus pengawasan adalah kapal-kapal berbendera asing.

"Ini kerja sama Polri dan Bea-Cukai. Secara preemtif kami lakukan patroli untuk mencegah atau mengantisipasi pengiriman narkoba lewat kapal laut. Kapal Da Wei berbendera Taiwan kami amankan kemarin lusa (Minggu, 15 April) siang," kata Direktur Tindak Pidana Narkoba Brigjen Eko Daniyanto kepada detikcom ketika dimintai konfirmasi, Selasa (17/4/2018).


Eko mengatakan pemeriksaan terhadap kapal Da Wei nomor 13 tersebut dilakukan hingga kemarin (16/4) sore di Kepulauan Meranti, Riau. Berdasarkan hasil pemeriksaan, kapal itu dinyatakan bersih dari narkoba.

"Kapal clear dan saat ini masih di kantor Syahbandar Selat Panjang untuk pengurusan izin jalan kembali ke Taiwan," ujar Eko.


Dengan diadakannya patroli dan pemeriksaan kapal-kapal laut asing, Eko menuturkan, Indonesia serius memerangi peredaran narkoba. Hal itu sekaligus menjadi pesan bagi sindikat narkoba internasional.

"Minimal ada pesan, message, bahwa Indonesia sangat serius dalam menghadapi penyeludup narkotika internasional, yaitu dengan melaksanakan patroli dan pemeriksaan terhadap kapal kapal ikan negara asing yang memasuki wilayah hukum Indonesia," terang Eko.
(aud/ams)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed