DetikNews
Senin 16 April 2018, 17:40 WIB

KLHK Siapkan Sanksi ke Pertamina soal Minyak Tumpah di Balikpapan

Fadhly F Rachman - detikNews
KLHK Siapkan Sanksi ke Pertamina soal Minyak Tumpah di Balikpapan Foto: Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya. (Lamhot Aritonang-detikcom)
Jakarta - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar menyiapkan sanksi untuk PT Pertamina (Persero) terkait minyak tumpah di Teluk Balikpapan, Kalimantan Timur. Sanksi itu diberikan sesuai dengan temuan hasil pengawasan lingkungan hidup terkait insiden tersebut.

"Sanksi administratif, untuk Pertamina RU V Balikpapan untuk melakukan pemulihan lingkungan akibat kebocoran pipa. Juga harus melakukan kajian risiko lingkungan dan audit," kata Siti di DPR, Jakarta, Senin (16/4/2018).


Siti menjelaskan ada lima poin temuan terkait insiden tersebut. Pertama, dokumen lingkungan tidak mencantumkan dampak penting alur pelayaran pada pipa. Kemudian, dokumen lingkungan juga tidak mencantumkan kajian perawatan pipa.

Ketiga, inspeksi pipa tidak memadai hanya untuk sertifikasi. Ketiga, tidak memiliki sistem pemantauan pipa otomatis. Kelima, tidak memiliki sistem peringatan dini.


Siti mengatakan pihaknya hanya menyiapkan sanksi kepada Pertamina karena dinilai lambat dalam mengantisipasi kejadian. Sementara, kata Siti, pihak yang menyebabkan pipa tersebut bocor karena jangkar kapal akan langsung diurus oleh pihak kepolisian.

"Kan Pertamina ketahuan sistemnya lemah juga bakal kena sanksi, kalau (masalah) jangkar dan lainnya ke Polda, kalau kita di lingkungan itu berlapis-lapis ada sanksi administrasi, perdata, dan pidana jadi kalau sistemnya baik maka nggak pelu tujuh jam, nggak perlu sampai kebakar, kalau sistemnya otomatis ketika terjadi perubahan bunyi atau apa sehingga bisa ditangani," tuturnya.
(idh/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed