DetikNews
Senin 16 April 2018, 17:14 WIB

Mendikbud Tegaskan Tak Ada Wacana Penambahan Libur Lebaran

Ray Jordan - detikNews
Mendikbud Tegaskan Tak Ada Wacana Penambahan Libur Lebaran Foto: Mendikbud Muhadjir Effendy (Kanavino Ahmad Rizqo/detikcom)
Jakarta - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengatakan hingga kini belum ada pembahasan mengenai penambahan hari libur sekolah untuk lebaran Idul Fitri 2018 ini. Dia mengatakan, penambahan jumlah libur berdampak besar bagi proses belajar mengajar.

"Nggak ada itu, nggak ada pembahasan," kata Muhadjir saat ditemui di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (16/4/2018).

Muhadjir mengatakan, pihaknya akan mengkaji sejauh mana urgensitas penambahan libur tersebut. Sebab, kata Muhadjir, penambahan libur sangat berimplikasi besar bagi dunia pendidikan.



"Tapi kita lihat nanti urgensinya. Karena meliburkan juga implikasinya besar, termasuk penyesuaian silabus. Kalau itu memang secara nasional sudah masuk dalam silabus, kalau diliburkan harus ada pengganti, bagaimana nanti dengan pengganti liburnya itu. Karena dua hari itu kan untuk penyampaian bahan belajar terutama, kan berarti ada yang hilang kesempatannya. Cukup besar itu. Nanti kita lihat," katanya.

Meski demikian, Muhadjir menegaskan dirinya tidak keberatan jika opsi penambahan hari libur sekolah diberlakukan. Sepanjang itu untuk kepentingan nasional.

"Kalau untuk kepentingan nasional ya nggak (keberatan-red)," katanya.



Termasuk soal pengaruh penambahan libur itu untuk alasan menekan kemacetan.

"Makanya, apa betul kalau nanti digeser dua hari itu jadi tidak macet. Itu kita lihat juga ya," katanya.
(rjo/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed