DetikNews
Senin 16 April 2018, 09:16 WIB

Demokrat Masih Jajaki Opsi Poros Ketiga di 2019

Danu Damarjati - detikNews
Demokrat Masih Jajaki Opsi Poros Ketiga di 2019 Wakil Ketua Umum Partai Demokrat, Syarif Hasan (Hasan Alhabshy/detikcom)
Jakarta - Partai Demokrat masih menjajaki opsi poros ketiga di Pilpres 2019. Selain itu, ada opsi lain yang disiapkan. Apakah itu?

"Kita bilang alternatif poros ketiga itu mungkin saja terjadi, kita usahakan," kata Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Sjarifuddin Hasan (Syarif Hasan) kepada detikcom, Senin (16/4/2018).



Partai Demokrat akan bekerjasama dengan partai-partai yang punya tradisi bekerjasama dengannya. Saat ini penjajakan kerjasama mulai dijajaki kembali.

"Insyaallah kita akan mulai jajaki, segera, tinggal 2,5 bulan lagi," ujar Syarif.

Tak masalah bila AHY menjadi capres atau cawapres. "Kader kita yang terbaik kan AHY," ucapnya.



Selain opsi poros ketiga, Syarif menyatakan ada pula opsi yang diusahakan agar AHY menjadi cawapres Jokowi. Apalagi Gibran Rakabuming Raka sudah menyatakan AHY cocok menjadi cawapres bapaknya.

"Ya bagus kalau dia (Jokowi) mau mengambil. Soalnya AHY kan kader terbaik, terpercaya di Demokrat," tanggap Syarif.



Soal pilihan cenderung mengusahakan poros ketiga atau mengusahakan AHY menjadi cawapres untuk Jokowi, itu tak terlalu prinsip bagi Demokrat selama ada kesempatan AHY maju ke Pilpres.

"Kita lihat saja nanti. Pokoknya yang penting kader kami bisa maju," kata Syarif.

Sebelumnya, pada saat AHY berkunjung ke Markobar di Transmart Pabelan, Sukoharjo, Senin (9/4/2018), dia ditemui oleh Gibran Rakabuming sang putra sulung Jokowi. Saat ditanya wartawan mengenai kemungkinan AHY mendampingi Jokowi maju ke Pilpres 2019, Gibran menjawab.

"Boleh, cocok!" jawab Gibran singkat, saat itu.



(dnu/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed