DetikNews
Minggu 15 April 2018, 22:55 WIB

Wanita Asal NTT yang Nekat ke DKI Dirawat di RS Fatmawati

Mochamad Zhacky - detikNews
Wanita Asal NTT yang Nekat ke DKI Dirawat di RS Fatmawati Foto: Pasutri asal NTT nekat ke Jakarta ingin ketemu Jokowi (dok. Dinsos DKI)
Jakarta - Fransiska Enga, wanita asal Nusa Tenggara Timur (NTT) yang nekat ke Jakarta bersama suaminya Nikolaus Newa akhirnya bisa menjalani perawatan di RS Fatmawati. Fransiska dan Nikolaus telah terdaftar sebagai peserta Jaminan Kesehatan Nasional.

"Saat ini sudah diterbitkan Kartu JKN KIS yang bersangkutan (Fransiska dan Nikolaus). Dengan kartu JKN KIS (Kartu Indonesia Sehat) tersebut Ny Fransiska Enga telah mendapatkan perawatan di RSUP Fatmawati Jakarta sebagai peserta JKN KIS yang dijamin oleh BPJS Kesehatan," kata Sekretaris Utama BPJS Kesehatan Afrizayanti dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom, Minggu (15/4/2018).


Pihak BPJS sendiri mengimbau kepada masyarakat yang belum terdaftar sebagai peserta JKN untuk segera mendaftar, termasuk untuk masyarakat yang masuk kategori miskin dan tidak mampu. Bagi warga dengan kategori tersebut bisa melapor ke Dinas Sosial tempat mereka tinggal.

"Apabila masuk kategori miskin dan tidak mampu dapat melapor pada Dinas Sosial setempat untuk direkomendasikan sebagai Peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) yang iurannya dapat ditanggung baik oleh Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah," lanjut pernyataan tertulis BPJS Kesehatan.


Fransiska yang sempat dititipkan di Panti Sosial Bina Insan Bangun Daya 2 Cipayung, kini tengah menjalani perawatan di ruang IG RS Fatmawati. Fransiska dan Nikolaus dijemput dari panti sosial oleh tim medis RS Fatmawati sekitar pukul 05.30 WIB.

Fransiska beserta Nikolaus tak lupa mengucapkan terima kasih kepada pemerintah, khususnya kepada Presiden Jokowi karena telah merespon keluhan mereka dengan cepat. Pasangan suami istri itu senang telah terdaftar sebagai peserta JKN.

"Terima kasih Bapak Presiden, istri saya sudah dirawat. Kami juga sudah punya kartu (KIS)," ucap Nikolaus seperti disampaikan Plt Kepala Biro Komunikasi dan
Pelayanan Masyarakat Kemenkes, Murti Utami.

Fransiska bersama Nikolaus nekat pergi ke Jakarta untuk menemui Presiden Jokowi. Tujuan mereka ingin minta dibuatkan KIS, namun malah telantar di Jakarta.

Wanita berusia 49 tahun itu menderita infeksi saluran kemih, hingga membuatnya kesulitan buang air dan perutnya membesar.
(zak/dnu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed