DetikNews
2018/04/10 08:02:58 WIB

Zumi Zola: dari Bupati, Gubernur, Hingga Tahanan KPK

Arief Ikhsanudin - detikNews
Halaman 1 dari 3
Zumi Zola: dari Bupati, Gubernur, Hingga Tahanan KPK Zumi Zola kenakan rompi oranye KPK (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Perjalanan politik Zumi Zola bisa dibilang cukup mulus. Sebagai anak mantan gubernur Jambi, Zulkifli Nurdin, Zumi memenangkan pilkada mulai dari bupati maupun gubernur.

Sebelum terjun ke dunia politik, orang-orang mengenal Zumi sebagai artis layar kaca. Beberapa judul sinetron dan film sempat dibintangi pria 38 tahun itu.

Mengikuti jejak sang ayah di dunia politik, Zumi kemudian memilih Partai Amanat Nasional (PAN) sebagai kendaraan politiknya. Tahun 2010-2015 Zumi sempat menjabat sebagai Ketua DPD PAN Kabupaten Tanjung Jabung Timur.

Maju di Pilbup Tanjung Jabung Timur, Zumi yang berpasangan dengan Ambo Tang berhasil mengantongi suara terbanyak. Zumi pun menjabat sebagai Bupati Tanjung Jabung Timur periode 2011-2016. Tak berapa lama setelah terpilih, Zumi dilaporkan atas tuduhan zinah dengan Peni Farnita Saputri.

Pada tahun 2012 Zumi menikah dengan Sherrin Tharia. Hatta Rajasa, yang saat itu menjadi Menteri Perekonomian, dan Gubernur DKI Jakarta saat itu, Fauzi Bowo (Foke) menjadi saksi pernikahan.

[Gambas:Video 20detik]



Segel 14 Sumur Minyak di Tanjung Jabung Timur

Saat menjadi bupati, Zumi sempat menyegel 14 sumur minyak milik PetroChina International Ltd di kabupaten Tanjung Jabung Timur. Kejadian ini menghebohkan karena Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) pernah mendapat permintaan tarif izin persumur dengan nilai besar.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed