DetikNews
Kamis 05 April 2018, 20:05 WIB

Ini Titik Tol Trans Jawa yang Berpotensi Macet Saat Mudik

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Ini Titik Tol Trans Jawa yang Berpotensi Macet Saat Mudik Ilustrasi Tol Trans Jawa (Foto: Muhammad Abdurrosyid-detikcom)
Brebes - Beberapa titik di Tol Trans Jawa yang berpotensi mengalami kemacetan saat mudik Lebaran nanti. Titik kemacetan utamanya terjadi di wilayah Semarang, Jawa Tengah.

"Terutama Semarang di (exit) Manyaran atau Krapyak akan terjadi penumpukan kendaraan apalagi masyarakat mengetahui 'wah ini tol udah nyambung Jakarta-Surabaya'," ujar Kakorlantas Polri Royke Lumowa, di Brebes, Jawa Tengah, Kamis (5/4/2018).



Selain di Semarang, penumpukan kendaraan diperkirakan akan terjadi di exit Gandulan, Pemalang. Royke memperkirakan, penumpukan di Kaligangsa akan bergeser ke Gandulan.

"Mungkin (di Exit Gandulan) agak sedikit ada antrean karena itu ada (rencananya) transaksi pembayaran. Namun nanti kami akan menggunakan beberapa skenario untuk mengatasi itu, misalnya dikeluarkan di beberapa exit sebelumnya, mungkin di Brexit. Brebes Timur, Brebes barat, Kanci, dll atau Pejagan," kata Royke.

Tak hanya di Tol Trans Jawa, beberapa titik di wilayah Brebes juga memiliki potensi kemacetan saat mudik lebaran nanti. Titik kemacetan itu berada di underpass Karangsawah, Tonjong.

"(Karena pembangunannya) belum selesai untuk tahun ini," ungkapnya.

"(Nanti di Karangsawah) Rekayasanya termasuk buka tutup," tambah Royke.



Sejak Rabu (4/4) kemarin, Royke bersama jajarannya dari Polda Jawa Timur, Polda Jawa Tengah, Dishub, dan kontraktor-kontraktor pembangunan jalan tol Trans Jawa melakukan pengecekan jalur mudik 2018. Royke mengawali pengecekan dari Surabaya, Jawa Timur, melalui Solo, ke Semarang, hingga hari ini tiba di Brebes Jawa Tengah.

Dalam pengecekannya, Royke menilai bahwa Jalan Tol Trans Jawa telah tersambung. Kendati sudah tersambung, beberapa jalan tol masih dibuka secara fungsional.


(rvk/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed