DetikNews
Kamis 05 April 2018, 18:12 WIB

Jokowi Tunjuk Luhut Jadi Koordinator Tim Citarum

Niken Purnamasari - detikNews
Jokowi Tunjuk Luhut Jadi Koordinator Tim Citarum Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta - Presiden Joko Widodo menunjuk Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menjadi koordinator tim untuk membersihkan dan merevitalisasi daerah aliran sungai (DAS) Citarum. Ditargetkan revitalisasi pada hulu sungai selesai 7 tahun.

"Iya saya jadi koordinatornya. (Tugasnya) ya membersihkan sungai sepanjang 269 kilometer dan harus selesai dalam 7 tahun," ujar Luhut di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Kamis (5/4/2018).

Penunjukan Luhut sebagai koordinator tim Citarum tercantum dalam Perpres Nomor 15 Tahun 2018 tentang Percepatan Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Daerah Aliran Sungai (DAS) Sungai Citarum pada Pasal 5 bab III bagian kedua. Perpres tersebut dikeluarkan pada 14 Maret 2018.



Selain Luhut, Jokowi menunjuk Menko Polhukam Wiranto sebagai Wakil Ketua I, Menko Perekonomian Darmin Nasution sebagai Wakil Ketua II, dan Menko PMK Puan Maharani sebagai Wakil Ketua III.



Tim yang dibentuk Jokowi tersebut memiliki tugas yang dijelaskan dalam pasal 6 sebagai berikut:

a. menetapkan kebijakan Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan DAS Citarum secara terintegrasi dan berkelanjutan; dan

b. memberikan arahan dalam pelaksanaan tugas Satgas, termasuk untuk penyempurnaan, pencabutan, dan/ atau penggantian ketentuan peraturan perundangundangan yang tidak mendukung atau menghambat upaya Pengendalian DAS Citarum, dan untuk mengambil langkah mitigasi dampak sosial yang timbul dalam upaya Pengendalian DAS Citarum.

Tim Citarum bakal melaporkan hasil evaluasi pelaksanaan tugas mereka kepada Jokowi paling sedikit satu kali selama enam bulan.
(nkn/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed