DetikNews
2018/03/27 10:17:00 WIB

Kesaksian-kesaksian Novanto Selama di Sidang e-KTP

Arief Ikhsanudin - detikNews
Halaman 1 dari 7
Kesaksian-kesaksian Novanto Selama di Sidang e-KTP Foto: Nur Indah Fatmawati/detikcom
Jakarta - Setya Novanto memberikan sejumlah pengakuan saat diperiksa menjadi terdakwa korupsi e-KTP di Sidang Pengadilan Tipikor Jakarta. Novanto mengakui duit e-KTP itu mengalir ke Rapimnas Golkar melalui keponakannya Irvanto Hendra Pambudi Cahyo, hingga menyeret sejumlah nama yang menerima duit e-KTP.

Awalnya, Novanto mengaku tahu tentang aliran duit e-KTP dari Andi Agustinus alias Andi Narogong dan Made Oka Masagung. Menurut Novanto, Andi memerintahkan keponakannya, Irvanto Hendra Pambudi Cahyo, untuk membagikan uang itu ke para anggota DPR saat itu.

"Pertama adalah untuk Komisi II Pak Chairuman (Harahap) sejumlah 500 ribu dolar dan untuk Ganjar (Pranowo) sudah dipotong oleh Chairuman, dan untuk kepentingan pimpinan banggar sudah sampaikan juga ke Melchias Mekeng 500 ribu dolar, Tamsil Linrung 500 ribu dolar, Olly Dondokambey 500 ribu dolar di antaranya melalaui Irvanto," ujar Novanto dalam persidangan di Pengadilan Tipikor Jakarta, Kamis (22/3).

'Nyanyian' Novanto itu pun berlanjut. Dia menyebut 2 nama baru yang sebelumnya tak pernah muncul dalam kasus ini yaitu Puan Maharani dan Pramono Anung. Novanto menyebut cerita tentang 2 orang itu didapatnya dari orang dekatnya, Made Oka Masagung.

Dari seluruh keterangan Novanto itu, total ada 10 nama yang disebut yaitu Puan Maharani, Pramono Anung, Ganjar Pranowo, Olly Dondokambe, Arif Wibowo, Tamsil Linrung, Mirwan Amir, Jafar Hafsah, Melchias Markus Mekeng dan Chairuman Harahap.

Namun di balik tudingan-tudingan itu, Novanto membantah telah menerima uang terkait proyek e-KTP. Padahal selama ini Novanto mengajukan justice collaborator (JC) atau saksi pelaku yang bekerja sama.

"Selalu kita lihat kan, konsistensi dia (soal perkara). Dia mengakui salah saja belum," kata Ketua KPK Agus Rahardjo kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Senin (26/3).

Berikut kesaksian-kesaksian yang diberikan Novanto di sidang.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed