DetikNews
Kamis 22 Maret 2018, 16:17 WIB

Sidang Setya Novanto

Novanto Minta KPK Bongkar Semua Nama yang Disebutnya

Faiq Hidayat - detikNews
Novanto Minta KPK Bongkar Semua Nama yang Disebutnya Setya Novanto di Pengadilan Tipikor Jakarta (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Terdakwa kasus korupsi proyek e-KTP Setya Novanto meminta jaksa KPK untuk membongkar pelaku lain kasus proyek e-KTP. Nama pelaku itu sudah disebutkan Novanto ketika mengajukan diri sebagai justice collaborator (JC) ke KPK.

"Saya minta jaksa penuntut umum supaya tindaklanjuti membongkar pelaku lain yang namanya sudah saya sampaikan di JC saya," ujar Novanto ketika pemeriksaan terdakwa di Pengadilan Tipikor Jakarta, Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat, Kamis (22/3/2018).

[Gambas:Video 20detik]



Sebelumnya Novanto memang menyebut sejumlah nama yang menurutnya menerima aliran uang e-KTP. Mereka di antaranya Puan Maharani, Pramono Anung, Ganjar Pranowo, Olly Dondokambey, Arif Wibowo, Tamsil Linrung, Mirwan Amir, Jafar Hafsah, Melchias Markus Mekeng dan Chairuman Harahap.

"Yang ikut berperan dan merugikan uang negara. Dan seperti saya sampaikan penyidik di KPK saat periksa saya," kata Novanto.

Selain itu, Novanto juga meminta jaksa pada KPK mempertimbangkan permohonan justice collaborator yang sudah diajukannya. Dia juga berharap jaksa pada KPK memberikan tuntutan yang ringan dan adil.


"Selain itu saya sungguh-sungguh memohon KPK melalui jpu agar mempertimbangkan saya justice collaborator dan sekali lagi minta maaf seluruh masyarakat Indonesia dan DPR saya. Terakhir permohonan saya kepada jpu KPK untuk memberikan tuntutan yang seringan-ringannya dan seadil-adilnya kepada saya," kata Novanto.

Dalam perkara ini, Novanto didakwa melakukan intervensi dalam proses penganggaran dan pengadaan barang/jasa proyek e-KTP. Novanto juga didakwa menerima USD 7,3 juta melalui keponakannya Irvanto Hendra Pambudi Cahyo, dan orang kepercayaannya, Made Oka Masagung.
(fai/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed