DetikNews
Kamis 22 Maret 2018, 10:58 WIB

Sidang Setya Novanto

Novanto Akui Terima Richard Mille, tapi Dikembalikan karena Rusak

Faiq Hidayat - detikNews
Novanto Akui Terima Richard Mille, tapi Dikembalikan karena Rusak Setya Novanto (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Mantan Ketua DPR Setya Novanto mengaku menerima jam tangan Richard Mille dari Andi Narogong. Namun jam tangan itu dikembalikan kepada Andi karena rusak.

"Memang betul saya terima, tapi setelah saya lihat sama dengan punya saya tapi kok mati, saya berpikiran ini jamnya pasti rusak. Jadi beberapa hari kemudian saya suruh orang kembalikan ke Andi," ujar Novanto dalam sidang pemeriksaan terdakwa di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta, Kamis (22/3/2018).



Novanto menyebut Andi Narogong memberikan jam tangan itu sebagai hadiah. Apalagi Novanto mengaku juga punya hobi mengoleksi jam tangan.

"Jadi mau berikan oleh-oleh jam tangan, dia nggak pernah sebut soal Marliem, saya tanya 'apa nih', saya memang senang koleksi jam tangan," jelas Novanto.

Namun Novanto mempunyai jam tangan yang serupa dengan pemberian Andi Narogong. Karena itu, dia menyimpan jam tangan itu dengan kotak yang berbeda.

"Kotakannya lain, saya kan hafal. Saya juga punya Richard Mille, saya sudah batin dan ini persis seperti punya saya," tutur dia.

[Gambas:Video 20detik]



Diketahui sebelumnya, Andi Narogong mengaku memberikan hadiah ulang tahun kepada Setya Novanto pada 12 November 2012. Andi saat itu memberikan sebuah jam tangan Richard Mille seharga USD 135 ribu (kurs Rp 1,3 miliar saat itu).

Andi mengatakan saat itu memberikan uang Rp 650 juta kepada Johannes Marliem untuk membelikan jam tangan hadiah ulang tahun Setya Novanto. Kemudian Marliem membeli jam tangan tersebut di Los Angeles, Amerika Serikat.




(fai/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed