DetikNews
Selasa 20 Maret 2018, 17:53 WIB

Dishub akan Cek Parkiran Truk Liar di Kolong Tol Kalijodo

Arief Ikhsanudin - detikNews
Dishub akan Cek Parkiran Truk Liar di Kolong Tol Kalijodo Parkir liar truk (Arief/detikcom)
Jakarta - Truk tidak boleh diparkir di kolong Tol Sedyatmo, tepatnya di kolong tol Kalijodo. Dinas Perhubungan DKI Jakarta mengatakan seharusnya truk diparkir di Terminal Mobil Barang.

"Akan kita cek (ke lokasi)," kata Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Sigit Wijatmoko saat dihubungi detikcom, Selasa (20/3/2018).

Sigit mengatakan truk tidak boleh diparkir di kolong tol maupun lahan milik pemerintah. Truk harus diparkir di tempat yang telah disediakan.

"Persyaratan izin penyelenggara angkutan adalah, selain memiliki kendaraan, juga punya pool atau garasi," kata Sigit.



Namun, jika angkutan tidak memiliki pool atau garasi, bisa ke terminal mobil barang yang disediakan. Mereka bisa menginap dan beristirahat di sana.

"Dishub menyediakan Terminal Mobil Barang Tanah Merdeka dan Terminal Mobil Barang Pulogebang, yang bisa digunakan untuk tempat istirahat sementara," ucap Sigit.



Truk membayar uang dari Rp 1.000-2.000 tiap kali masuk terminal. Sedangkan bila menginap dikenai biaya Rp 3.000-5.000 per malam sesuai dengan jenis mobil.

Sebelumnya, adanya parkir di kolong tol Kalijodo dianggap sebagai ilegal. Hal ini karena Unit Pengelola Perparkiran belum mengelola lokasi itu.

"Kami dari pemerintah daerah juga tidak bisa masuk begitu saja. Sebelum ada semacam izin dari Jasa Marga atau dinas terkait," ucap pejabat Humas Unit Pengelola Perparkiran Ivan Valentino saat dihubungi terpisah.
(aik/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed